Masuk Mall di Ambon Wajib Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi, SMP Mulai Sekolah Tatap Muka

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan keterangan pers, Selasa (21/9/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung pusat perbelanjaan, Mall, dan Toko Modern, Indomaret/Alfamidi di Kota Ambon.

Kebijakan itu tertuang dalam Instruksi Walikota Ambon Nomor 10 Tahun 2021, tentang perpanjangan PPKM Basis Mikro Level 2 di Kota Ambon, 21 September – 4 Oktober 2021

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam keterangan pers, Selasa (21/9/2021), di Balai Kota, menjelaskan berdasarkan penilaian Pemerintah Pusat, Kota Ambon telah naik status dari PPKM Mikro Level 3 ke PPKM Mikro Level 2.

Namun demikian masyarakat kota ini tidak boleh lengah dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan untuk pencegahan dan Penyebaran Covid-19.

“Naiknya status Ambon memberikan harapan untuk dapat beraktivitas secara baik, namun tidak boleh lengah, sehingga semua masyarakat yang masuk pusat perbelanjaan atau toko modern di Ambon harus menunjukan aplikasi PeduliLindungi,” kata Walikota yang didampingi Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler, dan Sekretaris Kota (Sekot) , A.G Latuheru.

Selain penggunaan aplikasi PeduliLindungi, Instruksi Walikota terbaru juga mengatur pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi siswa tingkat SMP dan sederajat. Dalam waktu dekat akan dilakukan ujicoba.

“Tidak semua sekolah diizinkan PTM, tetapi hanya sekolah yang mencapai capaian vaksinasi siswa 80 persen,”ujarnya.

Dijelaskan, PTM dilaksanakan dengan pembatasan kapasitas 50 persen dari jumlah siswa yang telah divaksin, serta dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Hasil ujicoba PTM tingkat SMP sederajat nantinya akan menjadi bahan pertimbangan untuk pelaksanaan PTM pada tingkat pendidikan lainnya.

“Saat ini tengah dilakukan inventarisir oleh Dinas Pendidilkan, berapa jumlah siswa dan jumlah guru yang sudah divaksin pada SMP se-Kota Ambon sebagai syarat pelaksanaan PTM,” pungkas Walikota. (MCAMBON)