Ambruk, Bupati SBT Perintahkan Dinas PU Perbaiki Jembatan Wai Salas

by
Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas saat meninjau jembatan Wai Salas yang ambruk, Senin (20/9/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bupati Seram Bagian Timur (SBT), provinsi Maluku, Abdul Mukti Keliobas memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat segera memperbaiki jembatan Wai Salas di Desa Salas, Kecamatan Bula, yang ambruk dan tidak bisa dilewati kendaraan sejak 29 Juli 2021.

“Saya sudah memerintahkan Kadis PU untuk segera memperbaiki jembatan yang rusak ini, sehingga akses transportasi masyarakat di sejumlah kecamatan dapat kembali normal,” kata Bupati yang dihubungi dari Ambon, Selasa (21/9/2021).

Perintah itu dikeluarkan Bupati Mukti Keliobas setelah dirinya bersama Sekda SBT Jafar Kwairumaratu dan Kadis PU Umar Bilahmar meninjau langsung kondisi Wai Salas, pada Senin (20/9).

Jembatan Wai Salas berkonstruksi beton ambruk bagian tengahnya saat dilewati truk bermuatan kayu pada 29 Juli 2021, disebabkan lantai jembatan sudah tua dan tidak mampu menahan beban kendaraan yang melewatinya.

Jembatan sepanjang sekitar 30 meter, lebar 10 meter itu dan membentang dengan ketinggian 10 meter dari sungai Wai Salas, sudah sejak lama tidak diperbaiki. Padahal merupakan salah satu jembatan strategis yang menghubungkan sejumlah kecamatan di kabupaten SBT

Ambruknya lantai jembatan tersebut membuat arus transportasi dari kota Bula, ibu kota Kabupaten SBT  menuju Kecamatan Kilmury, Seram Timur, Kiandarat, Siritaun Widatinur, Tutuk Tolu dan kecamatan Salas menjadi terganggu.

Pengguna sepeda motor maupun mobil yang hendak menuju sejumlah kecamatan tersebut maupun sebaliknya, saat ini harus menyeberangi sungai dibawah jembatan tersebut.

Menurut Bupati perbaikan lantai jembatan perlu segera dilakukan, karena khawatir warga yang menyeberangi sungai dapat menjadi korban jiwa sewaktu-waktu air sungai meluap saat musim hujan.

Dia juga telah berkoordinasi dan berdialog dengan salah satu konsultan pembangunan terutama menyangkut konstruksi dan anggaran yang diperlukan untuk perbaikan jembatan tersebut.

Sedangkan Kadis PU SBT Umar Bilahmar mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan konsultan pembangunan tentang rencana pekerjaan perbaikan lantai jembatan yang rusak dalam waktu dekat ini.

“Anggaran perbaikan jembatan Wai Salas sebesar Rp200 juta. Alokasi anggaran perbaikan ini atas perintah Bupati Mukti serta hasil koordinasi dengan konsultan pembangunan,” katanya.

Kendati tidak menyebutkan jadwal pasti dimulainya perbaikan. Namun,  Umar menegaskan harus secepatnya dilaksanakan, sehingga aktivitas transportasi masyarakat maupun barang kebutuhan pokok ke sejumlah kecamatan di SBT dapat tersalur lancar dan normal kembali.

Pewarta : Jimmy Ayal/Antara
Editor : Alex Sariwating