Gangguan Jaringan Hambat Vaksinasi Mahasiswa di Kampus IAIN Ambon

by
Mahasiswa IAIN Ambon mengikuti vaksinasi yang digelar PMI Maluku di Kampus IAIN Ambon, Rabu (22/9/2021). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Maluku menggelar vaksinasi massal di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Vaksinasi Covid-19 ini  sempat terkendala gangguan jaringan yang lambat. Kondisi itu membuat keterlambatan dalam menginput data peserta vaksinasi.

“Tepatnya akses untuk masuk ke link vaksinasi Kementerian Kesehatan itu juga mengalami gangguan. Akhirnya dalam penginputan data awal untuk registrasi nomor induk keluarga dari peserta vaksinasi itu mengalami keterlambatan akibat gangguan jaringan,” kata Sekertaris PMI Provinsi Maluku, Heri Latuheru di Kampus IAIN Ambon, Rabu (22/9/2021)

Heri menjelaskan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan alat tambahan, yakni modem orbit yang sudah disiapkan petugas untuk menginput data dari para peserta vaksinasi.

Selain itu, tidak hanya menggunakan provider jaringan Telkomsel, PMI Maluku juga menggunakan jaringan Indosat.

“Jadi kalau memang satunya mengalami keterlambatan, berarti opsinya kita mengalihkan ke provider yang lain,” katanya.

Dia mengaku, meski pada hari pertama, Senin 21 September 2021, sempat mengalami keterhamabtan jaringan, pada hari ke dua vaksinasi di Kampus IAIN Ambon, jaringannya sudah cukup membaik.

“Meskipun masih mengalami kendala agak lambat dalam masuk, tetapi harapannya dengan animo masyrakat untuk vaksinasi ini, dapat berjalan dengan baik serta kebutuhan jaringan untuk menginput data juga dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Sementara itu Warek III IAIN Ambon, M. Faqih Seknun mengatakan, vaksinasi ini digelar dalam rangka perkuliahan tatap muka semester satu bagi mahasiswa baru.

“Dalam surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan pusat, IAIN bisa melaksanakan kuliah tatap muka dengan tetap menggunakan protokol kesehatan,” katanya.

Dia mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama pihak Kampus dengan PMI Provinsi Maluku. Selain untuk mahasiswa, vaksinasi ini juga dibuka untuk masyarakat umum sekitar kampus yang belum menerima vaksin.

Diketahui, vaksinasi yang digelar di Kampus IAIN Ambon ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari 21 hingga 23 September 2021. (ALFIAN)