Sudah 67,9 Persen Warga Kota Ambon Divaksin

by
Seorang pelajar mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 di SMA Negeri 11 Ambon, Kamis (23/9/2021). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Warga Kota Ambon terus mendapat suntikan vaksinasiĀ Covid-19 sehingga terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Warga antusias mengikuti vaksinasi yang digelar berbagai pihak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, hingga Rabu (22/9/2021) secara keseluruhan sudah 67, 9 persen wanga Kota Ambon menerima vaksinasi.

Sedangkan untuk pelajar sudah 59,6 persen atau 19.858 pelajar dari target 33,322 siswa di Ambon yang divaksin.

“Untuk Kota Ambon secara keseluruhan sudah 67,9 persen masyarakat yang terima vaksin,” kata Wendy kepada wartawan saat vaksinasi kepada pelajar di SMA Negeri 11 Ambon yang digelar Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Maluku, Kamis (23/9/2021).

Dia mengaku, saat ini Pemkot Ambon sedang mengejar target vaksinasi untuk pelajar agar pembelajaran tatap muka bisa dilakukan.

“Kita kejar vaksinasi kepada pelajar. Karena persyaratan untuk sekolah tatap muka itu harus 80 persen pelajar menerima vaksin, kalau belum sampai jumlah itu, sekolah tatap muka belum bisa dilakukan,” kata Wendy.

Karena itu, Wendy mengatakan vaksinasi yang dilakukan Binda Maluku dapat mempercepat target vaksinasi pelajar di Kota Ambon, sehingga sekolah tatap muka bisa terwujud.

“Kita liat di lapangan kerinduan untuk anak anak bersekolah lagi cukup besar tapi mereka harus divaksin dulu,” katanya.

Wendy mengatakan, jika target 80 persen pelajar sudah divaksin, maka pihaknya akan melakukan uji coba tatap muka terbatas untuk sekolah SMP di Kota Ambon.

Selain siswa, guru juga harus divaksin untuk bisa mengajar siswa.

“Bukan saja siswa yang divaksin tapi guru juga harus 80 persen divaksin dan pembelajaran tatap muka terbatas ini,” jelas Wendy. (ALFIAN)