Datangi RSUD Ambon, Panja DPRD Maluku Temukan Sejumlah Masalah

by
Tim Panja DPRD Provinsi Maluku untuk RSUD dr Haulussy Ambon mendatangi RSUD Ambon, Jumat (24/9/2021). FOTO : DAUD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim Panitia Kerja (Panja) DPRD Provinsi Maluku untuk RSUD dr Haulussy Ambon memulai kerja mereka.

Jumat (24/9/2021), para wakil rakyat DPRD Maluku itu mendatangi RSUD milik Pemerintah Provinsi Maluku. Mereka melihat langsung pelayanan dan manajemen di rumah yang berlokasi di kawasan Kudamati Ambon itu.

Tim Panja DPRD Maluku yang dipimpin langsung Ketua Tim Benhur Watubun, melakukan tinjauan di beberapa ruangan perawatan serta melihat langsung kondisi fisik bangunan RSUD. Tim juga berdiskusi dengan pasien, perawat jaga, dan Satpam yang bertugas.

Kepada wartawan di sela-sela kunjungan, Benhur Watubun mengatakan, kunjungan ke lokasi atau On The Spot ini merupakan tahap pertama yang menjadi sasaran kerja Panja.

Tim ini dibagi dua. Satu tim On The Spot khusus masalah administrasi, dan satunya soal infrastruktur dan manajemen RUSD.

“Banyak masalah yang kita dapati, tapi kita belum bisa berkesimpulan, karena kita butuh klarifikasi, pendalaman dan nanti setelah itu kita akan minta hasil audit dari pihak RSUD sebagai dasar untuk kita melakukan telaah dan langkah terkait dengan proses pembenahan,” ujarnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Maluku ini mengatakan, Panja akan kembali lagi ke RSDU.

Yang dilakukan Panja saat kunjungan pertama ini untuk menguji, melihan konsistensi dan disiplin pegawai terhadap kinerja kerja. Sehingga Panja dapat mengetahui kedisiplinan pegawai, termasuk waktu kunjungan dokter, pelayan yang maksimal atau tidak, termasuk upah atau honor perawat.

Benhur juga menambahkan, ada tenaga medis honorer yang sudah bekerja selama 5 tahun namun diberi upah dibawah tenaga securty.

Terkait upah ini, kata Benhur, Panja DPRD akan melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada menejemen RSUD dr Haulussy Ambon.

“Ada banyak hal yang perlu dibenahi, dan kita pastikan kita memberi rekomendasi yang tepat dalam rangka perbaikan dari aspek tata kelola dan juga aspek infrastruktur RUSD,”  ungkap Benhur. (DAC)