Bupati Akerina Resmikan Sejumlah Pasar Rakyat

by
Bupati SBB Timotius Akerina meresmikan pasar rakyat di Dusun Olas Kecamatan Huamual, Sabtu (25/9/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerina meresmikan sejumlah pasar di wilayahnya.

Pasar yang diresmikan yakni, Pasar Rakyat Olas, Pasar Hunitetu Kecamatan Buano Utara, Pasar Rakyat Kamal, Pasar Daging Non Muslim Piru dan Pasar Ikan Kairatu. Peresmian pasar dipusatkan di Dusun Olas Kecamatan Huamual, Sabtu (25/9/2021).

Bupati Timotius Akerina dalam Sambutannya mengatakan, kehadiran pasar, khususnya pasar rakyat merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah.

“Dengan masih hidupnya pasar rakyat ini tentunya dapat memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi daerah, “ungka Akerina.

Bupati bilang, sebagian besar masyarakat memiliki daya beli yang cukup tinggi dan tetap memilih belanja di pasar rakyat dibandingkan pasar moderen dengan sejumlah alasan. Diantaranya kata Bupati, barang yang diperjual belikan lebih segar, berkualitas dan harga yang terjangkau.

“Dilatar belakangi hal tersebut, diperlukan upaya kita bersama untuk mempertahankan keberadaan pasar rakyat agar tidak tergerus oleh keberadaan pasar moderen. Karena hilangnya pasar rakyat dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah terkait menurunnya daya beli daerah serta melemahnya sektor perdagangan inpormal,” tutur Akerina.

Bupati berharap setelah proses revitalisasi pasar, warga merasa aman dan nyaman berbelanja di pasar rakyat tanpa was-was, karena takut kotor atau risih akibat becek. “Pasar harus aman dan nyaman orang datang berbelanja,jangan takut becek atau kotor,” kata Akerina.

Pembenahan pasilitas pasar juga perlu diikuti dengan pembenahan dan penataan barang dagangan. Ini kata Bupati, agar lorong pasar terbebas dari barang dagangan dan nyaman untuk berlalu lalang.

“Disamping itu juga saya menghimbau kepada para pedagang untuk mulai memvariasikan dagangannya,” kata Akerina

Bupati juga mengingatkan warga untuk tetap menjaga lingkungan kita tetap bersih dan sehat. “Kedepannya saya harap tempat pembuangan sampah pasar harus tertata dengan baik dan memadai, kalau perlu memulai memilih sampah dari pasar – pasar rakyat,” ujar Akerina.

Peresmian pasar dihadiri Ketua DPRD SBB Abd.Rasyid Lisaholit, sejumlah anggota DPRD, Sekda SBB Mansur Tuharea dan pimpinan OPD lingkup Pemkab SBB. (Fadli Boufakar)