Ambon Kota Pertama Capai Herd Immunity

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy meninjau vaksinasi Covid-19 di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (27/8/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus gencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Kini capaian vaksinasi masyarakat sudah mencapai 70 persen, sehingga Kota Ambon telah mencapai Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Karena itu menjadi kota pertama di Provinsi Maluku yang mencapai kekebalan kelompok.

“Sampai kemarin, Selasa 28 September itu, kita telah mencapai 70 persen masyarakat Kota Ambon yang divaksinasi. Dan secara keseluruhan di Maluku baru mencapai 26,3 persen,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Andriansz saat dihubungi Terasmaluku.com, Rabu (29/9/2021).

BACA JUGA : Covid-19 Melandai, Pemkot Ambon Tutup Seluruh Rumah Sakit Lapangan

BACA JUGA : Tak Punya Aplikasi Peduli Lindungi, Masuk Mall di Ambon Dengan Kartu Vaksin

Meski sudah 70 persen kata Joy, Pemkot Ambon tetap melakukan vaksinasi dengan target 100 persen warga Ambon harus mendapat suntikan vaksinasi. “Kita target itu 100 persen warga harus divaksinasi,” jelas Joy.

Joy bilang untuk seluruh kabupaten kota di Maluku, baru Kota Ambon yang mencapai 70 persen warganya tervaksinasi. Selain itu, Kota Ambon juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang telah mencapai Herd Immunity.

“Untuk di Indonesia saya belum tau daerah mana saja yang sudah mencapi 70 peresn, tapi di Maluku, Kota Ambon daerah pertama yang mencapai hal itu,” ujar Joy.

Kepala Dinas Informasi dan Persandian Kota Ambon ini berharap, walaupun Ambon sudah mencapai Herd Immunity, namun masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesahatan dengan memakai masker.

Target capaian vaksinasi untuk masyarakat Kota Ambon berjumlah sebanyak, 274.194 jiwa dan sudah tercapai 192.029 orang.

Vaksinasi dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19. Kota Ambon kini masuk PPKM level II dan zonasi rendah resiko penyebaran Covid-19. (ALFIAN SANUSI)