Komunitas Al-hujarat Donasi Buku dan Al-Qur’an di Dusun Laala SBB

by
Komunitas Al-hujarat Intelektual, IAIN Ambon berdonasi buku dan Al-Qur'an untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB pada Selasa, (28/09/2021). FOTO : KOMUNITAS

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komunitas Al-hujarat Intelektual, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, berdonasi buku dan Al-Qur’an untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan empat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Selasa, (28/9/2021).

Pengurus komunitas bertolak dari Ambon ke Dusun Laala. Tiba di Laala mereka langsung ke sekolah dan menemui masyarakat untuk menyerahkan bantuan buku dan Al-Quran.

Pengurus Al-hujurat intelektual, Pandi Rumra menjelaskan, buku yang dibagikan seperti K-13, tematik buku agama dan buku-buku bacaan umum. Serta Al-Qur’an dan buku Iqro. “Kita bagikan untuk dua madrasah dan di empat TPQ,” kata Pandi saat dihubungi, Rabu (29/9/2021).

Bantuan ini merupakan kepedulian komunitas Al-hujarat atas pendidikan di wilayah pesisir.

Soal pendidikan kata mahasiswa IAIN Ambon ini, sebagai anak muda Maluku, semua punya tanggung jawab untuk melihat kondisi pendidikan. Apalagi saat ini Maluku minim kelas literasi.

“Kita harapkan semangat literasi pendidikan di Maluku tetap hidup,” kata Pandi.

Pandi bilang hampir semua Kabupaten di Maluku, kelas literasi masih menim. Sudah begitu kondisi pendidikan juga kurang diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi maupun daerah.

“Untuk Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Provinsi Maluku, perlu diingat bahwa perubahan satu daerah itu juga tergantung pendidikan. Karena maju dan tidaknya tergantung juga dari paradigma berfikir,” katanya.

Sementara itu Wakil Direktur Al-hujurat intelektual Risno Ibrahim mengatakan, pada akhirnya tidak ada pertanyaan apa titel anda, di mana anda sekolah. Namun baginya, satu-satunya yang intim dan puitis ialah apa yang sudah kamu lakukan.

“Al-hujurat berdonasi buku dan Quran kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan 4 TPQ di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih bagi yang telah membantu, baik secara moril maupun materil. “Semoga kebaikan saudara-saudari dibalas oleh Allah SWT,” katanya.

Komunitas Al-hujarat Intelektual dibentuk pada tahun 2017 oleh sekelompok mahasiswa IAIN Ambon, yang haus akan ilmu pengetahuan. Rutinitas sehari-hari selain membaca, dilanjutkan dengan kajian mingguan. (Sofyan)