Empat Warga Makariki, Malteng Jatuh dari Rakit Saat Seberangi Sungai, Satu Belum Ditemukan

by
Tim SAR Gabungan saat membuat bendungan dari tumpukan batu di sungai. Foto : Humas Basarnas Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Adam Mesinai (44), salah satu dari empat warga Desa Makariki, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah yang terjatuh dari rakit saat seberangi sungai di kawasan tersebut belum diketahui nasibnya.

Pasalnya, dalam insiden yang terjadi pada 26 September itu, Adam bersama tiga rekannya seberangi sungai dengan menggunakan rakit sepulang mencari kayu di hutan.

Namun akibat arus sungai yang kencang menyebabkan mereka terjatuh dari rakit. Tiga rekannya berhasil selamat diri, sedangkan Adam belum ditemukan.

“Salah satu teman korban menjelaskan masih sempat melihat korban terbawa arus sungai namun sesampainya korban di tumpukan kayu login korban terhisap kedalam pusaran air yang berada di tumpukan kayu login tersebut,”kata Kepala Basarnas Ambon, Mustari di Ambon, Kamis (30/9/2021) tengah malam.

Upaya pencarian pun sudah dilakukan oleh masyarakat setempat, namun hasilnya nihil dan dilaporkan ke Basarnas Ambon tiga hari berselang.

Satu Tim Rescue Basarnas Ambon diterjunkan dan tiba di Makariki, Malteng Rabu malam dan dilanjutkan ke Kota Masohi untuk berkoordinasi dengan Pemda Malteng melalui Sekda, Rakib Sahubawa. Hasil koordinasi, satu unit exavator dikerahkan untuk membantu Ops SAR yang dimulai Kamis pagi.

“Tiba di lokasi kejadian Tim SAR Gabungan membuat bendungan dari tumpukan batu guna membelah jalur sungai agar bisa melaksanakan pencarian yang dlakukan secara manual,”sambungnya.

Hanya saja debit air sungai meluap dan semakin deras karena hujan, pengerjaan bendungan itu dihentikan sementara. “Ops SAR akan dilanjutkan besok (hari ini),”tandasnya. (Ruzady)