Pemkab SBT Sosialisasi OSS Berbasis Resiko

by
Kepala Dinas PTSP Saleh Sukunora

TERASMALUKU.COM,-BULA-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar sosialisasi kemudahan sistem berusaha sistem Online Single Submission (OSS) berbasis resiko.

Kepala Dinas PTSP Saleh Sukunora kepada wartawan Sabtu (2/10/2021) mengatakan, kegiatan itu sesuai Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Pemerintah menerbitkan PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan PP Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.

PP Nomor 6 Tahun 2021 ini mengatur tentang kewenangan penyelenggaraan perizinan berusaha, peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha, pelaksanaan perizinan berusaha di Daerah, penyusunan Perda dan Perkada, pelaporan, pembinaan dan pengawasan, pendanaan dan sanksi administratif.

“Untuk itu, saya himbau untuk semua pelaku usaha dapat melakukan pendaftaran untuk kegiatan berusaha dengan menginput data melalui sistem OSS. Jika data yang dimasukan sudah lengkap, maka OSS akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB)” kata Sukunora.

Sukunora mengatakan, OSS merupakan sistem Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE).

Sistem OSS dibangun dengan tujuan untuk mempercepat peningkatan penanaman modal dan berusaha, dengan cara menerapkan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, yang dilakukan PTSP. (Sofyan)