Permintaan Kadis Kesehatan Kepada Menko Perekonomian Untuk Warga Ambon

by
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) diapit Gubernur Maluku Murad Ismail (kiri) dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy (kanan) saat memberikan keterangan pers usai berkunjung ke lokasi vaksinasi tribun lapmer Kota Ambon, (4/9). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Hingga kini Kota Ambon belum memiliki rumah sakit yang berada di bawah pemerintah pemkot. Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy nyeletuk meminta agar Ambon juga punya rumah sakit saat berbicara dengan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Momen kunjungan Menko Perekonomian itu tidak dibiarkan percuma. Usai memaparkan perkembangan baik covid-19 di Ambon, dia lantas meminta agar Ambon juga punya rumah sakit.

“izin pak Menko, sampai saat ini Ambon belum punya rumah sakit umum daerah pak. Kerinduan dari masyarakat Ambon mungkin di tahun-tahun mendatang kita bisa mendapatkan rumah sakit umum daerah,” pinta Wendy diakhir pemaparan capaian vaksinasi covid Kota Ambon, di tribun lapmer, (4/9/2021).

Masyarakt kota, katanya menginginkan adanya satu rumah sakit umum daerah. Rumah sakit ini diharapkan akan membantu pelayanan dan mendorong kualitas kesehatan masyarakat kota.

Sementara yang ada saat ini rumah sakit umum daerah yang berada di bawah pemerintah provinsi Maluku serta sebuah rumah sakit umum pusat di bawah kemenetrian kesehatan RI. Sedangkan yang lain merupakan rumah sakit swasta.

“Harapannya kita (baca: masyarakat kota) punya rumah sakit yang layak ke depan untuk masyarakat,” terang Wendy.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik permintaan kadis kesehatan kota tersebut. Saat sesi konferensi pers di teras Balai kota Ambon, dia meminta pemkot untuk membuat pengajuan jika ingin ada sebuah rumah sakit di Ambon.

“Ambon belum punya rumah sakit yang berada di bawah pemkot. Pemkot silakan buat rencana dan kirim ke pusat,” jawabnya singkat. (PRISKA BIRAHY)