Langkah Cepat Siapkan Pengamanan Kelistrikan, Panitia STQ Nasional di Maluku Apresiasi PLN

by
Podium utama STQ Nasional di Kota Sofifi Maluku Utara. FOTO : PT. PLN MALUKU MALUT

TERASMALUKU.COM,-SOFIFI-Langkah cepat PLN dalam menyiapkan pengamanan pasokan kelistrikan menjelang perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI 2021 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara 14-22 Oktober mendatang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Setelah sebelumnya Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba mengapresiasi peninjauan kesiapan pengamanan kelistrikan STQ oleh PLN pada akhir September lalu, kali ini apresiasi datang dari Panitia Penyelenggara Daerah STQ Nasional XXVI.

Petugas PLN bersiaga di arena STQ nasional

Salmin Djanidi, selaku Ketua Panitia Penyelenggara Daerah STQ Nasional yang ke – XXVI menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada PLN karena telah bekerjasama dengan baik dan membantu mempersiapkan seluruh kebutuhan listrik untuk pelaksanaan STQ Nasional XXVI.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak PLN sebagai penyedia listrik dan dukungan peralatan lainnya seperti genset mobile untuk kelancaran berjalannya acara ini. Kami juga berharap agar selama kegiatan berlangsung tidak ada kendala dan sistem kelistrikan selalu terjamin dengan baik,” ujar Salmin dalam siaran persnya, Senin (11/10/2021).

Senada, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Adams Yogasara menyampaikan bahwa PLN juga mengapresiasi koordinasi yang baik antara PLN dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara dan Panitia Penyelenggara Daerah STQ Nasional XXVI khususnya terkait dengan kebutuhan kelistrikan di setiap venue STQ nantinya.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak Pemprov maupun Panitia Penyelenggara Daerah terkait kebutuhan listrik selama gelaran STQ nanti. Saat ini sejak tanggal 4 Oktober tim kami di lapangan sedang bekerja untuk menyiapkan keandalan sistem dan mobilisasi infrastruktur kelistrikan pendukung seluruh venue,” tutur Adams.

Adams juga menambahkan, ditargetkan mobilisasi seluruh infrastruktur kelistrikan pendukung tersebut dapat rampung pada tanggal 12 Oktober 2021.

“Sehingga harapannya ketika para peserta dari seluruh daerah tiba di Sofifi dapat melakukan persiapan dengan nyaman sebelum kegiatan berlangsung”, ucap Adams.

PLN memastikan ketersediaan pasokan listrik di Sofifi cukup. Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,2 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,7 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW.

Guna mengamankan pasokan kelistrikan, PLN pun menyediakan 7 unit uninterruptable power supply (UPS) masing-masing berkapasitas 30 kilo Volt Ampere (kVA) 2 unit, 100 kilo Volt Ampere (kVA) 2 unit dan 200 kilo Volt Ampere (kVa) 3 unit, 5 unit gardu bergerak (UGB) berkapasitas 250 hingga 400 kVA serta 12 genset berkapasitas 48 kW hingga 250 kW yang akan ditempatkan di masing masing venue STQ Nasional.

Editor : Hamdi