Politeknik Negeri Ambon, Part Of Solution

by
Presentasi Hasil Riset dan Talkshow Politeknik Negeri Ambon, Senin (11/10/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Politeknik Negeri Ambon (POLNAM) merupakan bagian dari solusi aneka permasalahan yang ada di masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian salah satu ungkapan kunci Daddy Mairuhu, ST, MM, Direktur Politeknik Ambon ketika memberi arahan sekaligus membuka kegiatan Presentasi Hasil Riset dan Talkshow di hotel Pacific Ambon, Senin (11/10/2021).

 

Acara bertema “Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Terapan Yang Unggul dan Bermanfaat Serta Berorientasi Kepulauan” ini menampilkan presenter para dosen Polnam, yang melakukan penelitian kolaboratif pada beberapa wilayah di Maluku.

Rina Latuconsina, ST, MT, dosen Jurusan Teknik mempresentasikan hasil riset tentang Strategi Membangun Desa Wisata di Desa Oma Kecamatan pulau Haruku Maluku Tengah.

Dijelaskan tentang berbagai objek wisata dan pentingnya pembenahan sarana prasarana penunjang agar Desa Oma dapat menjadi destinasi pariwisata unggulan.

Selain itu dijelaskan pula tentang pentingnya dukungan masyarakat dalam menunjang industri pariwisata. “Tanpa dukungan masyarakat maka pariwisata tidak akan berkembang,” ungkap alumni SMA Negeri 1 Ambon ini.

Selain itu dipresentasikan pula hasil penelitian potensi pariwisata di negeri Hutumuri Kota Ambon oleh Sally Sandanafu, M.Si. Dalam riset ini disebutkan bahwa negeri Hutumuri memiliki potensi wisata bawah laut yang sangat menarik. Olehnya diperlukan dukungan pemerintah agar objek wisata ini dapat dikembangkan dengan baik.

Hasil riset lainnya yang dipresentasikan Wina Pormes dan tim menyangkut pengolahan ikan di Ambon. Ditemukan data di lapangan bahwa potensi ikan di Ambon sangat menjanjikan. Hanya saja, kita masih kalah dalam soal pengolahan dan kemasan.

“Kita punya ikan paling enak, hanya saja kita belum trampil dalam soal kemasan yang menarik,” ungkap Ibu Sopacua dari Dinas Perindag Kota Ambon ketika memberi komentar singkat terkait presentasi tersebut pada sesi talkshow.

Ada juga presentasi Meidylisa Patty, SE, M.Si tentang penggunaan sistem dan aplikasi akuntansi pada lembaga keagamaan yakni pada Klasis Gereja Protestan Maluku Kota Ambon.

Hadir pada kegiatan ini pula Dra Nia Rahantoknam, Kepala Bagian Promosi Wisata pada Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Rahantoknam menegaskan bahwa pemerintah provinsi Maluku saat ini sedang gencar-gencarnya menggenjot industri pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan di Maluku.

Pada lain pihak, Ony Wattimena, anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Gerindra menyebutkan bahwa berbagai stakeholders perlu berkolaborasi untuk mendorong pariwisata di Maluku.

Ia juga mengapresiasi Politeknik Negeri Ambon yang terus peduli menjawab berbagai persoalan di masyarakat melalui riset dan pengabdian masyarakat.

“Dunia pendidikan, merupakan salah satu aktor penting dalam menjawab persoalan-persoalan di masyarakat” ungkap Wattimena.

Panelis lainnya yakni Pdt Rudy Rahabeat, Wakil Sekretaris Umum Sinode Gereja Protestan Maluku menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap karya dan kinerja Politeknik Ambon, termasuk ketika melakukan riset dan karya nyata di jemaat-jemaat di Gereja Protestan Maluku.

Ketua Panitia yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltek Ambon, Dr Sammy Sapteno menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi, dan tanggungjawab sosial dunia pendidikan.

Ia menambahkan bahwa ke depan penelitian dan pengabdian masyarakat akan dilakukan di negeri negeri Islam maupun Kristen dan bertujuan untuk memberi solusi terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat.

Dalam acara ini diberikan penghargaan kepada dua orang dosen Polnam yakni Audrey Leiwakabessy, M.Si sebagai duta penelitian dan Sefnat Wattimena, M.Si, duta pengabdian.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ke-43 Politeknik Negeri Ambon. Maju terus Polnam Ambon. (Rudy Rahabeat, Kontributor Terasmaluku.com)