Begini Harapan Walikota Untuk Enam Calon Sekot Pengganti Latuheru

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy membuka seleksi terbuka calon Sekretaris Kota (Sekot) Ambon di Hotel Amaris Ambon, Senin (18/10/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapessy membuka seleksi terbuka calon Sekretaris Kota (Sekot) Ambon di Hotel Amaris Ambon, Senin (18/10/2021).

Seleksi terbuka Sekot Ambon ini diikuti enam orang yang telah lolos tes administrasi hingga kesehatan. Mereka akan bertarung menggantikan posisi Sekot Ambon, A.G. Latuheru yang akan  pensiun November 2021.

“Seleksi ini tidak ada calon titipan, tadi arahan saya sudah jelas, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berkompetisi,” kata Walikota Richard kepada wartawan usai membuka seleksi calon Sekot Ambon.

Keenam pejabat yang lolos seleksi ini yaitu, Fahmi Salatalohy, menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda-Litbang) Kota Ambon, Enrico Rudolf Matitaputty, Kepala Inspektur Kota Ambon, Jacob Silanno dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaanzs.

Sedangkan untuk Pejabat Pemprov Maluku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Samuel Huwae. Sementara Agus Ririmasse, yang merupakan salah satu pejabat dilingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Dia menegaskan, ada dua persyaratan sebelum masuk dalam tahapan seleksi terbuka ini, yakni persyaratan mutlak, dan pembobotan.

“Persyaratan itu ada dua, satu yang bersifat mutlak, yang mutlak itu dari segi jabatan, usia, dan pangkat. Itu tidak bisa dikompromi, kalau tidak memenuhi persyaratan itu otomatis gugur. Kedua itu persyaratan pembobotan,” ujarnya.

Walikota berharap, siapapun yang terpilih bisa menjadi pemimpin yang bersinergi dengan seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkot Ambon.

Walikota Richard menambahkan, selain seleksi calon Sekot Ambon, Pemkot juga melakukan seleksi kepada pejabat Pemkot Ambon untuk mengisi jabatan kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon. (ALFIAN SANUSI)