Pertama Kali Maluku Ambil Bagian, ISSI Kirim Dua Atlet Ikuti Kejurnas Balap Sepeda 2021 di Garut

by
Wakil Ketua IISI Maluku, H. Sjam bersama Rayvo Michelle Picauria, salah satu atlet balap sepeda yang akan ikuti Kejurnas Balap Sepeda Tahun 2021 di Garut. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Untuk pertama kalinya, Maluku mengirimkan jagoannya untuk ambil bagian dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda.

Tahun 2021 ini, Kejurnas Balap Sepeda akan diselenggarakan di Garut, Jawa Barat pada 27 Oktober.

Meski baru pertama kali, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Maluku langsung mengirim dua atlet balap sepedanya dalam Kejurnas tahun ini.

Dua atlet balap sepeda yang akan mewakili Maluku di ajang nasional itu yakni, Rayvo Michelle Picauria (16), siswa SMA Negeri 2 Ambon dan Fajrin Nurdin (19), mahasiswa Politeknik Ambon.

Rayvo dan Fajri akan mengikuti kelas berbeda yaitu individual time trial 13 km dan individual road race 65 km. Rayvo ikut kelas junior, sementara Fajrin mengikuti kelas usia 23.

“Saya kira ini adalah salah satu sejarah penting bagi olahraga persepedaan di Maluku. Karena kami dari pengurus ISSI Maluku dapat memberangkatkan atlet sepeda untuk mengikuti Kejurnas di Garut tahun ini,” kata Wakil Ketua II ISSI Maluku, H. Sjam kepada wartawan di Ambon, Selasa (19/10/2021).

Untuk pertama kalinya, kata Sjam, Maluku mencatatkan namanya sebagai peserta Kejurnas Balap Sepeda di Indonesia. “Saya kira ini langkah awal buat kemajuan persepedaan di Maluku dengan adanya keikutsertaan atlet dari Maluku,”ujarnya.

Ketua Tim Official yang akan mendampingi dua atlet di Garut ini berharap, dengan adanya keikutsertaan atlet balap sepeda dari Maluku, bisa memberikan motivasi kepada kaula muda lainnya.

“Kami sangat berharap dengan keiikutsertaan atlet sepeda di Kejurnas mewakili Maluku ini akan bisa memberikan motivasi buat adik-adik kita di Maluku untuk kedepannya bisa memberikan sumbangsi kepada Maluku terutama untuk atlet sepeda,”harapnya.

BACA SELANJUTNYA

Sjam mengatakan, tim akan berangkat ke Garut pada 21 Oktober 2021.

Atlet balap sepeda yang akan menjadi wakil Maluku dalam Kejurnas ini kata Sjam tanpa melalui proses pembinaan. Tapi keduanya punya bakat alami.”Kita ambil mereka saat mengikuti lomba sepeda yang dilakukan Ditlantas Polda Maluku,” sebutnya.

Kedua atlet itu kini terus diberikan pembinaan dan pelatihan. “Ini langkah awal buat kita. Karena kalau bukan sekarang kapan lagi. Jadi ini untuk memberikan semangat kepada adik-adik kita di Maluku,” jelasnya.

Sjam bilang, setelah ini ISSI Maluku akan menyelenggarakan kejuaraan lomba sepeda BMX. “Jadi memang misi ISSI ini untuk mencari bibit-bibit atlet balap sepeda. Ini tujuan utama ISSI Maluku,” katanya.

Di tempat yang sama, Rayvo, salah satu atlet balap sepeda yang akan mewakili Maluku ini, mengaku baru pernah mengikuti ajang tersebut. “Semoga saya bisa mengharumkan nama Maluku,” kata siswa kelas III SMA Negeri 2 Ambon ini.

Remaja 16 tahun ini mengaku telah mempersiapkan diri dengan terus berlatih. “Belum tau (target juara), tapi pasti harus berusaha,” kata Rayvo semangat. (Ruzady)