Syarat Ambil Uang Pensiun di Ambon Harus Punya Kartu Vaksin

by
Seorang lansia di Kota Ambon menerima suntikan vaksin Covid-19 oleh tenaga kesehatan. FOTO : DOK. ANTARA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, warga lanjut usia (Lansia) yang mau mengambil uang pensiunan di bank harus menunjukkan kartu vaksin. Hal tersebut menjadi persyaratan agar Kota Ambon mencapai target vaksinasi Covid-19.

“Untuk Lansia, mau ambil pensiun di bank harus tunjukkan kartu vaksin,” kata Richard kepada wartawan di Ambon, Senin (18/10/2021).

Walikota Richard mengaku, Pemkot Ambon saat ini telah bekerjasama dengan pihak bank di Kota Ambon, agar kartu vaksin menjadi persyaratan untuk pengambilan uang pensiunan.

Kebijakan ini diambil karena capaian vaksinasi Lansia belum mencapai 60 persen, walaupun saat ini Kota Ambon total sudah mencapai Herdimunity. Namun capaian vaksinasi Lansia bisa membuat Kota Ambon turun dari PPKM level 2 ke PPKM level 1.

“Untuk mencapai level 1 vaksinasi Lansia harus 60 persen, kita belum capai target 60 persen,” kata Richard.

Richard juga mengatakan, saat ini Pemkot terus mendorong capaian vaksinasi Lansia. Salah satunya berkerjasama dengan pihak gereja dan masjid di Ambon untuk mensosialisasikan vaksinasi kepada Lansia.

“Karena ada kelompok yang memang tidak mau divaksin, kita terus yakinkan mereka untuk mau divaksin,” ujarnya.

Target vaksinasi di Kota Ambon 274 ribu orang. Dari target tersebut, total sudah 260 ribu masyarakat Kota Ambon yang telah menerima suntikan vaksinasi. (ALFIAN SANUSI)