Cegah Banjir, Ratusan Bronjong Dikirim ke Kecamatan Siwalalat

by
Ratusan bronjong dikirim Balai Sungai Maluku ke desa-desa di Kecamatan Siwalalat Kabupaten SBT yang rawan banjir, Rabu (20/10/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-BULA-Untuk mengantisipasi banjir di Desa Sabuai, Desa Abuleta, Desa Naiwel dan Negeri Atiahu Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT meminta bantuan bronjong dari Balai Sungai Wilayah Maluku.

Kepala Dinas PU SBT, Umar Bilahmar saat dikonfirmasi Terasmaluku.com, Rabu (20/10/2021) mengatakan, Balai Sungai Maluku memenuhi permintaan bronjong dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menandatangani langsung surat permintaan brojong ke Balai Sungai Maluku. Ratusan bronjong dikirim Balai Sungai Maluku ke desa-desa di Kecamatan Siwalalat yang rawan banjir.

“Bantuan bronjong dari Balai Sungai Maluku, sesuai janji Pemkab kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Siwalalat. Yakni Desa Sabuai, Abuleta, Naiwel, dan Negeri Atiahu,” kata Umar.

Sebelumnya, banjir yang melanda empat desa tersebut Agustus 2021, menjadi perhatian serius Pemkab SBT. Wakil Bupati Idris Rumalutur dan sejumlah OPD terkait pun sempat turun memberikan bantuan sosial.

“Jadi itu setelah beta dan pak Wakil Bupati  turun memberikan bantuan sosial sekaligus tatap muka dengan masyarakat, makanya masyarakat minta bantuan bronjong itu,” kata Umar.

Umar menjelaskan, saat ini dirinya masih di Ambon mempersiapkan ratusan bronjong itu untuk dimuat ke Kecamatan Siwalalat.

Menurutnya, saat ratusan bronjong sudah siap dalam dua mobil Traek untuk menuju SBT. Beberapa masyarakat juga terlibat mengawal.

“Bahan-bahan sudah siap di treak, ada pengawalan dari kampung dua orang datang untuk kawal pulang ke Kampung. Dua mobil dari Ambon sampai ke Siwalalat. Setelah sampai buat berita acara penyerahan untuk diserahkan di masing-masing desa,” katanya. (Sofyan)