10 Sekolah di Ambon Siap Terapkan Kurikulum Musik

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebenatar lagi akan ada kurikulim musik baru yang diterapkan di 10 sekolah. Yakni pada jenjang SD dan SMP. Ini salah salah satu program jelang perayaan 2 tahun Ambon City Of Music yang ditetapkan UNESCO.

Direktur Ambon music Office (AMO), Ronnie Loppies dalam keterangan pers menyatakan pihaknya sementara merampungkan kurikulum sebelum ada penempatan tenga pengajar ke sekolah tersebut.

Ronnie menyatakan kurikulum dan tenaga pengajar musik itu akan menjadi projek keberlanjutan Ambon sebagai kota musik yang ditetapkan UNESCO pada 31 Oktober 2019.

“Akan ada 10 skeolah yang ajar kurikulum musik. Kurikulum ini akan fokus di situ. Kita coba penidikan mulai dari dasar. Ini namanya sustainable,” kata Ronnie yang juga sebagai seorang komposer itu.

kurikulum musik yang dimaksud dimulai dengan pengenalan bunyi pada anak di tingkat SD Kelas 1-3. Hal ini katanya untuk merangsang pembentukan otak kreatif, otak kanan. Setelah itu baru ada pengenalan alat musik. Khususnya musik tradisional.

Pengerjaan kurikulum telah melewati tahap audisi, bimbingan teknis, penyusunan bahan ajar dan penerbitan surat keterangan (SK). “Tinggal penempatan saja,” tambahnya.

Distribusi tenaga ajar kurikulum musik terbagi di lima sekolah dasar dan lima sekolah menengah pertama).

Dia berharap melalui kurikulum musik akan terbentuk ekosistem musik yang berkelanjutan sesuai dengan amanah UNESCO. (PRISKA BIRAHY)