Angkatan Darat Australia Kembali Bekerja di Indonesia

oleh
oleh
Tentara Angkatan Darat Australia bersama TNI AD latihan JOCIT di Cipatat Jawa Barat, 24 September 2021. FOTO : Maristika Photography

TERASMALUKU.COM,-September dan Oktober 2021 merupakan bulan sibuk bagi hubungan angkatan darat Indonesia dan Australia. Tiga latihan bersama dan dua kunjungan perwira senior telah diadakan di kedua negara.

“Kami telah kembali memulai pelatihan militer bilateral yang menandai tonggak penting dalam kemitraan pertahanan dan keamanan kita,” kata Penny Williams, Duta Besar Australia untuk Indonesia dalam siaran persnya yang diterima Terasmaluku.com, Kamis (21/10/2021).

“Indonesia adalah mitra strategis yang penting. Dimulainya kembali kunjungan dan pelatihan merupakan bukti pentingnya hubungan kedua negara saat kita memetakan jalan keluar dari pandemi COVID-19,” kata Penny lagi.

Dialog 2-Plus-2 yang melibatkan Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri kedua negara pada tanggal 9 September tahun ini segera disusul dengan kunjungan oleh Mayor Jenderal ‘Jake’ Ellwood, Komandan Divisi 1 Angkatan Darat Australia, ke Jakarta.

Pertemuan dengan pemimpin senior TNI Angkatan Darat merupakan bagian dari kunjungan Mayor Jenderal Ellwood. Peluang dan inisiatif untuk meningkatkan tingkat dan kompleksitas latihan bersama turut dibahas dalam pertemuan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa.

Mayor Jenderal Ellwood mengatakan bahwa dirinya “senang dapat kembali ke Indonesia saat kami mulai memperkuat hubungan bilateral Angkatan Darat kami dengan Indonesia.”

Pada tanggal 24 September, Mayor Jenderal Ellwood membuka Pelatihan Instruktur Tempur Perwira Muda (Junior Officer Combat Instructor Training/JOCIT) selama dua minggu di Bandung, Jawa Barat yang melibatkan 165 anggota Angkatan Darat Indonesia dan Australia.

Berbicara tentang pentingnya interoperabilitas, dirinya mengatakan bahwa “sementara kerja sama kita meningkat, kompleksitas operasi yang harus kita lakukan juga meningkat. Kegiatan seperti JOCIT sangat penting bagi Australia dan Indonesia.”

Pada 27 September, Satuan Pasukan Khusus Kopassus dan Special Air Service Regiment (SASR) kedua negara memulai Latihan Gabungan Kontraterorisme yang diberi nama Dawn Komodo, di Sewang, Jawa Barat.

BACA JUGA :  Dukung Program Kapolri, Polresta Ambon Gelar Penghijauan

Dirancang untuk bertukar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kontraterorisme, Latihan Dawn Komodotetap menjadi salah satu latihan gabungan terlama yang dilakukan oleh Pasukan Khusus kita.

Australia juga menjadi tuan rumah bagi 200 personel Angkatan Darat Indonesia selama bulan Oktober di Darwin untuk Latihan Wirra Jaya. Latihan yang disponsori Angkatan Darat Australia tahun ini adalah pengulangan latihan terbesar sejak diprakarsai.

Latihan Wirra Jaya adalah latihan tahunan bersama selama tiga minggu antara Australia dan Indonesia guna meningkatkan keterampilan infanteri kedua negara dan memperkuat nilai-nilai serta komitmen bersama untuk mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Editor : Hamdi 

No More Posts Available.

No more pages to load.