Produk Tas Tenun Maluku, Kabeta Craft  ikut ajang ISEF 2021 di JCC

by
Salah satu produk premium Kabeta Craft Foto : dari Instagram Kabetacraft

TERASMALUKU.COM,– Produk tas tenun khas Maluku dengan merek dagang KABETA Craft mengikuti ajang Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 yang digelar  di Jakarta Convention Centre, Senayan, Rabu (27/10/2021).

Dalam ajang yang dibuka secara offline dan online oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin yang juga Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah ini, KABETA dipercaya sebagai salah satu produk yang dipamerkan termasuk menjadi bagian penting dalam fashion show di ajang ini.

Menurut Berkah Novita, desainer  KABETA Craft kepada terasmaluku.com mengatakan produknya berhasil mengikuti ajang ini setelah adanya seleksi ketat Bank Indonesia Cabang Ambon dari berbagai produk lokal lainnya di Maluku.

‘’Setelah melewati berbagai proses, Kabeta akhirnya mulai menyiapkan produk-produk terbaik untuk dihadirkan di acara ini, termasuk konsep visual yang akan ditampilkan, diantaranya konsep budaya lokal Kepulauan Banda yang terkenal dengan rempah-rempah khas Maluku,’’ jelas Novita.

Dia mengakui butuh waktu khusus menyiapkan diri mengikuti ajang ini, ‘’saya percaya produk lokal kita juga tak kalah bersaing dengan produk lainnya di Indonesia, karena Maluku sangat kaya,’’ ungkapnya.

Konsep Pulau Run adalah konsep yang ia pilih untuk mewakili Maluku dalam ajang ini. ‘’Tas-tas produk Kabeta memang mengusung warna-warna rempah khas Maluku, merah bata, hijau dan kuning adalah warna-warna yang kami pilih,’’ terangnya.

Tas produk Kabeta memang berbahan kain tenun Tanimbar khas Maluku dengan corak yang khas. Seperti tas tangan hijau dengan motif tenun buah pala yang tumbuh subur di  gugusan Kepulauan Banda.

Selain itu bagi Novi, ada filosofi sejarah yang ia bawa dan ingin lebih diperkenalkan kepada khalayak nasional dalam ajang ISEF 2021 ini.

Novita yakin produk lokal yang digarap professional dan berkualitas akan memiliki pasar nasional bahkan internasional jika diproduksi dengan baik.

Dalam ajang yang akan digelar mulai tanggal 25 Oktober hingga 30 Oktober 2021 ini, dirinya dan produknya akan ikut tampil di panggung utama dalam fashion show busana syari, ‘’Produk Kabeta akan berkolaborasi dengan desainer nasional lainnya,’’ ungkap Novita.

Ini merupakan ajang nasional kesekian kalinya yang diikuti oleh Kabeta, Purwanto Worabay, Manajer Tim Pelaksana Pengembangan UMKM  Bank Indonesia Maluku mengatakan Kabeta  merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA)   yang lolos seleksi pada tahun 2020. ” Kabeta  sudah sering mewakili BI Maluku dalam ajang tingkat nasional,” sebutnya.

ISEF sendiri adalah festival ekonomi Syariah yang diprakarsai Bank Indonesia dengan agenda penting seputar ekonomi dan industry halal, dimana ada juga forum internasional dan nasional, workshop, pameran, kompetisi, serta pertemuan jaringan pelaku bisnis lokal, nasional hingga internasional yang berkumpul diajang ini.

Tahun ini ISEF 2021 mengusung tema Magnifying Industries through Food and Fashion Markets for Economic Recovery. (Insany)