Hari Sumpah Pemuda, Garda Pemuda NasDem Maluku Gelar Donor Darah

by
Pengurus DPW Garda Pemuda NasDem Maluku melakukan donor darah di Kantor PMI Cabang Ambon di Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). FOTO : ADI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem Maluku menggelar aksi donor darah di Kantor PMI Cabang Ambon kawasan Kudamati Kota Ambon, Kamis (28/10/2021).

Donor darah ini dilakukan sebagai aksi nyata Garda Pemuda NasDem untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Ambon yang saat ini sangat menipis.

Sebelum donor darah, anggota DPW Garda Pemuda NasDem menjalani pemeriksaan kesehatan. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, mereka kemudian melakukan donor darah.

Setelah donor darah, Garda Pemuda NasDem Maluku juga menyerahkan bantuan kantong darah ke PMI Cabang Ambon.

Aksi donor darah ini merupakan yang kedua kali dilakukan Garda Pemuda NasDem Maluku bekerjasama dengan PMI Cabang Ambon, dalam program Pemuda Siaga Pandemi (PSP).

Yang pertama digelar pada 12 Agustus 2021, dan yang kedua pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021.

Ketua Bidang OKK DPW Garda NasDem Maluku, Eliza A. de Lima mengatakan, donor darah ini merupakan perintah langsung Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh kepada kader Garda Pemuda NasDem berbuat nyata.

Pemuda harus dapat mengaktualisasikan dirinya dalam kegiatan-kegiatan kemanusian.

“Sesuai perintah Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, kaka Prananda Surya Paloh, kita melakukan aksi donor darah yang kedua kali ini, dan juga menyerahkan kantong darah ke PMI Cabang Ambon, apalagi stok darah di PMI Ambon menupis,” kata Eliza yang juga ikut donor darah.

Donor darah ini merupakan aksi nyata Garda Pemuda NasDem untuk membatu masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya yang membutuhkan darah.

Selain di Kota Ambon, donor darah Garda Pemuda NasDem ini juga berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda, dengan tema “Setetes Darah Untuk Negeri”.

“Khusus di Ambon, donor darah ini menjadi arti bagi basudara yang ada di Ambon dan sekitarnya, dan kiranya stok darah tetap tersedia di PMI. Dan konsen kami setelah ini, jika Tuhan berkehendak setiap triwulan kita akan melakukan donor darah,” jelas Eliza.

Wakil Kepala Markas PMI  Cabang Ambon, Norman Pattikawa mengatakan, PMI sangat terbantu atas aksi nyata Garda Pemuda Nasdem Maluku ini. Saat ini stok darah di PMI sangat menipis.

Karena itu, Norman berharap aksi ini menjadi agenda rutin tiap triwulan untuk menjaga stok darah di PMI Ambon.

“PMI Kota Ambon berharap aksi ini tidak berhenti hari ini saja, tapi menjadi agenda rutin, sehingga darah-darah tersebut menjaga stok kami, agar masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya yang membutuhkan darah agar selalu ada di PMI Kota Ambon,” kata Norman.

Atas aksi donor darah ini, PMI Ambon juga memberikan piagam penghargaan kepada Garda Pemuda NasDem Maluku. (Ruzady)