Diguncang Gempa M 5,9, Belasan Rumah Warga di Malteng Rusak

by
Rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah rusak akibat diguncang gempabumi, Kamis (4/11/2021). Foto : BPBD Maluku Tengah

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Belasan rumah warga di Kabupaten Maluku Tengah alami kerusakan akibat diguncang gempabumi berkekuatan 5,9 magnitudo, Kamis (4/11/2021).

Belasan rumah warga yang alami kerusakan akibat gempa tektonik ini berada di kawasan Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Malteng.

Foto : BPBD Malteng

“Data sementara dari pemerintah negeri di desa Sawai 19 unit rumah waga yang mengalami kerusakan,”kata Kepala BPBD Maluku Tengah, Abdul Latief menjawab terasmaluku.com.

Hanya saja, BPBD lanjut Abdul Latief, belum bisa memastikan berapa banyak rumah yang alami rusak berat, sedang ataupun ringan. ”
Untuk katagori belum bisa diidentifikasi baik ringan, sedang atau berat,”sambungnya.

Meski terjadi kerusakan rumah, dipastikannya tidak ada korban jiwa. “Tidak ada korban jiwa,”tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,7

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,77° LS;129,39° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Timur Laut Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 12 km.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Seram Utara ( North Seram Thrust ).

BACA JUGA : Aktivitas Sesar Naik Seram Utara Picu Gempa M 5,9 di Maluku Tengah

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( Oblique Thrust Fault ),” kata Bambang dalam siaran persnya.

Bambang mengungkapkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sawai V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ), Wahai IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Ambon, Masohi dan Saparua III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). (Ruzady)