Update Dampak Gempa di Malteng, Puluhan Rumah Warga di Kecamatan Serut Malteng Rusak

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan rumah warga rusak akibat diguncang gempabumi berkekuatan 5,9 magnitudo Kamis (4/11/2021) kemarin. Puluhan rumah warga yang rusak ini berada di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Berdasarkan update data yang masuk ke Pusdalops BPBD Malteng hingga Jumat (5/11/2021), tercatat 35 bangunan d Kecamatan  Serut yang alami kerusakan akibat bencana alam ini.

Kerusakan bangunan rumah warga ini tersebar di Desa Sawai, Desa Olong, Desa Besi, Desa Masihulang dan Desa Rumahholat.

Rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah rusak akibat diguncang gempabumi, Kamis (4/11/2021). Foto : BPBD Maluku Tengah

“Di Sawai ada 17, Olong 1, Besi 8, Masihulang 5, Rumaholat 4, jumlah total 35 unit bangunan rumah warga,”terang Kepala BPBD Malteng, Abdul Latief Key Jumat (5/11/2021) saat dikonfirmasi dari Ambon.

Selain bangunan rumah warga, fasilitas umum satu unit masjid dan satu unit sekolah di desa Sawai juga alami kerusakan.

Merinci kategori kerusakan, untuk rusak ringan sebanyak 27 unit rumah, rusak sedang 3 unit dan rusak berat 1 unit.

Menyinggung bantuan tanggap darurat bencana, lanjut Abdul mulai disalurkan hari ini. “Logistik menyusul hari ini,”tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,7

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,77° LS;129,39° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Timur Laut Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 12 km.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Seram Utara ( North Seram Thrust ).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( Oblique Thrust Fault ),” kata Bambang dalam siaran persnya.

Bambang mengungkapkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sawai V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ), Wahai IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Ambon, Masohi dan Saparua III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). (Ruzady)

BACA JUGA :  Gempabumi M 3.3 Guncang Pulau Banda

No More Posts Available.

No more pages to load.