Enam Kali Penen, Rukun Jaya Desa Penghasil Bawang Merah di SBT

by
Panen Bawang Merah di Desa Rukun Jaya Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sabtu (6/11/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-BULA-Desa Rukun Jaya di Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) seharusnya bisa dinobatkan sebagai desa penghasilan bawang merah terbanyak di Kabupaten Bumi Ita Wotu Nusa itu.

Baru enam kali pemerintah desa (Pemdes) Rukun Jaya melakukan panen di 2021 ini, bawang merah yang diperoleh sudah mencapai diatas 40 ton.

Hasil panen ini tentunya sangat membantu kebutuhan ekonomi masyarakat yang terhimpun dalam kelompok Tani Trisara, yang dipimpin oleh Sapta Mardi Sulistiandi itu.

Pejabat Kepala Negeri Administratif Rukun Jaya Zulfitri Katjong, dalam panen hortikultura ke enam kali, Sabtu (6/11/2021), memberikan apresiasi atas kerja keras kelompok Tani Trisara.

Zulfitri Katjong menginginkan semua kelompok tani di Desa Rukun Jaya bisa melakukan hal serupa, demi menunjang hasil pendapatan petani di saat pandemi Covid-19.

“Saya memberikan apresiasi atas hasil kerja keras kelompok Tani Trisara, saya harapkan agar semua kelompok tani bisa melakukan hal yang sama,” ucap Zulfitri, saat sambutan panen bersama Sabtu (6/11/2021).

Penen yang melibatkan Dinas Pertanian (Distan) Pemkab SBT itu diharapakan bisa melihat kekurangan petani di lapangan.

“Kelompok tani ini adalah aset desa dan Pemda, jadi kita harus sama-sama mengarahkan meraka. Karena ini aset daerah juga, ini saja baru enam kali panen sudah mencapai 40 ton lebih,” ucapnya.

Untuk itu dia bertekad, kedepannya Desa Rukun Jaya akan menjadi brand bibit bawang merah dengan siklus dan kriteria khusus. “Kita dari pemerintah desa tidak bisa menutup mata ini potensi yang sangat besar,” katanya.

Dari hasil panen yang diperoleh itu, Sekretaris Dinas Pertanian SBT Surahman menyampaikan apresiasi atas kerja Pemdes Rukun Jaya bersama kelompok Tani Trisara. (Sofyan)