DPRD Maluku Ingatkan Pertamina Jangan Ada Kelangkaan BBM Saat Natal dan Tahun Baru 2022

by
Penyaluran BBM ke wilayah Kabupaten SBB dengan menggunakan kapal feri dari Pulau Ambon, Jumat (7/6/2019). FOTO : DOK. PERTAMINA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- PT. Pertamina diingatkan untuk mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jelang perayaan Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Ini penting karena biasanya setiap perayaan hari besar keagamaan terjadi kelangkaan BBM akibat meningkatnya aktivitas masyarakat. Pada Natal 2020 dan Tahun Baru lalu juga terjadi kelangkaan BBM.

“Karena itu kami ingatkan terus kepada Pertamina agar persediaan dan distribusi BBM harus lancar sehingga tidak terjadi kelangkaan BBM saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, seperti saat Natal tahun 2020,” kata Ketua Komisi II DPRD Maluku, Santhy Tethol kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Santhy mengatakan untuk mencegah kelangaan BBM jelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan memanggil Pertamina dan pihak lainnya untuk meminta penjelasan terkait stok dan distribusi BBM.

“Kami ingin memastikan pasokan BBM untuk wilayah Maluku aman selama perayaan hari besar keagamaan dan libur tahun baru nanti,” jelas Santhy.

Santhy bilang, bila ada kekurangan pasokan BBM di wilayah Maluku, DPRD Maluku akan mendorong usulan penambahan kouta BBM agar tidak terjadi kelangkaan dan tidak berdampak pada kenaikan harga di pasaran.

Santhy juga mengungkapkan adanya pihak-pihak tidak bertangungjawab yang sering memanfaatkan situasi saat libur hari keagamaan dengan menimbun BBM sehingga harganya naik.

“Di Kota Ambon memang misalnya mungkin tidak terasa karena di pusat kota, namun untuk daerah-daerah terpencing sangat berpengaruh karena harga BBM jenis minyak tanah bisa melambung tinggi sampai Rp 20.000 per liter, belum lagi BBM jenis lain yang juga terjadi kenaikan,” ungkap Santhy.

Editor : Hamdi