Kelompok Dosen Muda IAKN Ambon Mengabdi di Jemaat GPM Hatu

oleh
oleh
Kelompok dosen muda Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Jemaat GPM Hatu, Kamis (18/11/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Salah satu tanggungjawab dan kewajiban sebagai seorang akademisi yakni melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Hal ini sesuai dengan aturan akademik yang diberlakukan di tiap-tiap Perguruan Tinggi.

Dalam kaitan dengan itu, maka kelompok dosen muda dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di jemaat GPM Hatu sebagai mitra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membantu mitra menjawab problematika pelayanan yang dihadapi.

Wakil Rektor IAKN Ambon Bidang Akademik, Dr. Yance Z. Rumahuru, MA

Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis 18 November hingga Jumat 19 November 2021 ini melibatkan 14 dosen muda dengan spesifikasi keilmuan yang berbeda.

Kehadiran para dosen muda tersebut diharapkan dapat membantu menguatkan kapasitas pelayan yang ada di Jemaat GPM Hatu.

Adapaun para dosen muda tersebut yakni Neltji Siahaya, MA; Sanny Sapulete, MM; Claudia M Pattiruhu, M.Si; Julita Tuamely, M.Si; Meike Toisuta, M.Acc; Asweres A.F. Termas, M.Si; Franklin Dahaklory, M.Pd; Yamres Pakniany; M.Si; Jane G Akollo, M.Si; Franklin Untailawan, M.Pd; Novan Salamena, M.Sn; Nichen Revalo, MH; Hendra Helwaun, M.Pd dan Wendy J Latusawaule M.Th.

Ketua Majelis Jemaat GPM Hatu Pdt. Regina Wermasubun, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih bagi kelompok pengadian masyarkaat mandiri dari kampus yang juga dikenal sebagai kampus harmoni dalam keragaman itu.

Wermasubun juga menegaskan bahwa bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini merupakan bagian dari hasil keputusan persidangan jemaat GPM Hatu tahun 2021. Karena itu kehadiran kelompok pengadian dosen muda IAKN Ambon sangat membantu jemaat dalam merealisasikan hasil keputusan persidangan tersebut.

“Saya berharap akan ada kerjasama yang terus terbangun antara jemaat GPM Hatu bersama dengan kelompok pengabdian ini, sehingga di tahun-tahun mendatang apa yang telah diberikan saat ini dapat kembali ditingkatkan” tandasnya, Kamis (18/11/2021).

BACA JUGA :  HUJAN DERAS, Jembatan Wae Kawanua Penghubung Puluhan Desa di Maluku Tengah dan SBT Putus

Mewakili pimpinan Lembaga IAKN Ambon, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Yance Z. Rumahuru, MA hadir dan memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan pengabdian masyarakat kelompok dosen mandiri.

Dalam arahannya Rumahuru menegaskan bahwa kegiatan pengabdian semacam ini setiap tahun dilakukan oleh para akademisi yang ada di IAKN Ambon.

“Selain pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh DIPA IAKN Ambon, para dosen IAKN juga sering melakukan kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri, dan ini sudah berlangsung setiap tahun,” kata Rumahuru.

Lebih lanjut lulusan program doktor UGM itu, juga menjelaskan bahwa IAKN Ambon telah melakukan kerjasama dengan GPM dalam aspek Pendidikan Formal Gereja, Musik Gerejawi dan Pastoral Konseling.

Aspek-aspek tersebut merupakan bagian dari progam-program studi yang ada di IAKN Ambon. Sehingga ketika kegiatan pengabdian kepada masyarakt dilakukan di jemaat-jemaat, maka tidak perlu lagi menyurati Sinode GPM.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota jemaat GPM Hatu sebagai peserta. Mereka menyambut baik kedatangan para dosen muda ini dan turut terlibat aktif dalam setiap sesi kegiatan.

Hal ini diperlihatkan melalui keseriusan dalam menerima materi dan merespon setiap materi yang diberikan oleh para dosen sebagai fasilitator. Sasaran dari materi-materi yang diberikan yakni kepada pelayan anak (pengasuh); kantoria; anak dan remaja; AMGPM serta majelis jemaat. (Yamres Pakniany)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.