Kebakaran Hanguskan Rumah Warga, Butik Hingga Kos-Kosan di Arbes Ambon

by
Foto : Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Peristiwa kebakaran terjadi di Kota Ambon, dua unit rumah warga, butik, kios dan kos-kosan di kawasan Air Besar (Arbes), Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Sabtu (20/11/2021) ludes terbakar.

Dalam peristiwa nahas Sabtu siang sekitar pukul 13:30 WIT ini, tidak ada korban jiwa.

Foto : Humas Polresta Ambon

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izack Leatemia menjelaskan berdasarkan keterangan saksi-saksi, api pertama kali membakar rumah milik Daeng Sanus

Daeng Sanusi baru tahu rumahnya terbakar setelah diberitahu oleh anaknya karena saat anaknya tengah bermain di halaman Puskesmas Arbes, anaknya melihat kepulan asap dari atap seng lantai dua rumah mereka dan langsung berlari memberitahukan kepada ayahnya, Daeng Sanusi yang saat itu tengah beristirahat di rumah.

Daeng Sanusi pun lari keluar rumah namun ternyata api sudah terlanjur menjalar ikuti kabel listrik yang berada diatas seng sementara keluarganya berlari keluar menyelamatkan diri dibantu warga.

Melihat kobaran api yang mulai membesar dan menjalar ke rumah Wa Umi, butik dan kos-kosan.

Warga pun ramai-ramai berusaha memadamkan api hingga akhirnya sekitar puku 13:45 WIT, 5 unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon tiba di lokasi kejadian untuk padamkan kobaran api dibantu warga.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izack Leatemia. Foto : Istimewa

Api berhasil dipadamkan pukul 15.15 WIT. “Kebakaran menyebabkan 2 unit rumah milik Daeng Sanusi dan Wa Umi diantaranya 1 unit kios, 1 unit butik, dan 1 unit kos-kosan terbakar,’tuturnya.

Penyebab kebakaran kata Juru Bicara Polresta Pulau Ambon itu disebabkan arus pendek kabel induk PLN
pada lantai 2 rumah Daeng Sanusi.

Akibat kebakaran ini, kerugian materil diperkirakan sekitar Rp. 450 juta. (Ruzady)