Program KOTAKU Fokus Tuntaskan Pemukiman Kumuh Tiga Daerah di Maluku

by
Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku menggelar lokakarya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tingkat Provinsi Maluku di Kota Ambon, Selasa (23/11/2021). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku menggelar lokakarya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tingkat Provinsi Maluku di Kota Ambon, Selasa (23/11/2021).

Dalam lokakarya tersebut, KOTAKU fokus menangani pemukiman kumuh pada tiga daerah di Maluku.

“Kita sekarang fokus penanganan pemukiman kumuh di tiga daerah di Maluku, yaitu ” kata Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastella.

Halil mengatakan, target untuk penyelesaian pemukiman kumuh ini sampai dengan tahun 2024 mendatang. Namun harus ada dukungan juga dari daerah agar penyelesaian kawasan pemukiman kumuh bisa tercapai sesuai target.

“Kita butuh dukungan dari pemerintah daerah juga untuk penanganan kawasan pemukiman kumuh ini, agar program cepat selesai,” kata Halil.

Halil menyebutkan, saat ini penyelesaian pemukiman kumuh di tiga daerah itu yakni Kota Ambon, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tengah telah mencapai 39, 47 hektar, dari target 281, 56 hektar.

Selain target itu, tambah dia, masih ada target penanganan kumuh secara nasional yang harus ditangani sekitar 10 ribu hektar sampai tahun 2024.

Provinsi Maluku harus menangani 114,74 hektar yang ditentukan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Abdul Hali berharap, pemerintah daerah bisa mendukung program ini agar dapat mewujudkan kota layak huni dan berkelanjutan di Provinsi Maluku. (ALFIAN SANUSI)