Maluku Bisa Capai Herd Immunity di Akhir Tahun? Begini Kata Satgas

by
Petugas kesehatan melakukan vaksinasi kepada warga dari rumah ke rumah atau door to door di Desa Poka Kota Ambon, Selasa (23/11/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Target pemerintah capai herd immunity atau kekebalan kelompok di akhir tahun rupanya jauh dari Maluku.

Bagaimana tidak demikian, pasalnya hingga Selasa (23/11/2021) ini saja capaian vaksinasi di Maluku baru 40,45 persen atau baru 573.443 warga tervaksinasi dosis pertama dari total sasaran sebanyak 1,4 juta jiwa.

BACA JUGA : Vaksinasi di Maluku Hingga 23 November ini Baru 40,45 Persen, SBT Paling Rendah

Artinya jika kalkulasikan, dalam sebulan terakhir ini, di Maluku hanya bertambah 177ribuan warga yang divaksinasi atau hanya meningkat 12,92 persen (perbandingan dengan data per 7 Oktober 2021).

Ditanyai seputar hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengaku secara umum, Maluku masih jauh dari herd immunity, meskipun sejauh ini baru Kota Ambon saja yang telah mencapainya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Terasmaluku.com

“Jauh, jauh, jadi target untuk tercapai herd immunity (akhir tahun) tidak tercapai kalau untuk Maluku, jadi memang jauh,”tuturnya menjawab terasmaluku.com, Selasa (23/11/2021).

Salah satu faktor penyebabnya kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku ini karena masih ada masyarakat yang enggan divaksin karena terlanjur termakan berita bohong alias hoaks.

“Kesediaan vaksin, karena masih ada yang masih ragu sehingga menghambat capaian maksimal, bukan masyarakat biasa-biasa, yang berpendidikan pun masih ada yang ragu-ragu (untuk divaksin),”bebernya.

Padahal kata dia, sosialisasi terus berjalan sembari pelaksanaan vaksinasi. “Sebenarnya sosialisasi berjalan terus, hanya saja menyadarkannya itu, kepercayaan, termakan hoaks, jadi ada memang karena hoax keyakinan atau kepercayaannya itu berkurang,”sambungnya.

Meski begitu kata dia Satgas terus mendorong kabupaten/kota untuk terus bekerja agar bisa menyusul Ambon capai herd immunity dan Maluku secara umum bisa juga mencapainya.

Di lain sisi, dukungan dari pemerintah daerah juga sangat dibutuhkan sebagaimana yang diterapkan oleh Kota Ambon.

“Tapi kita berharap dan terus mendorong supaya seperti Kota Ambon. Teman-teman kesehatan selalu diyakinkan agar jangan kalah dengan kondisi yang ada dan dukungan pemerintah, seperti kemana-mana bukti vaksin, kalau kabupaten/kota mau menerapkan itu mungkin bisa,”tandasnya. (Ruzady)