Desa Bomaki, Tanimbar Dipersiapkan SKK Migas-KKKS Pamalu Untuk Usaha Ekowisata

by
Dari Kiri: SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, Dolmince Karsau, perwakilan MPU pemilik lahan, Direktur Utama PDAM Bapak Roni The (sebagai adopter tanaman Penghijauan di Sumber Air Minum), Daniel Mitakda (perwakilan masyarakat Bomaki yang Adopsi Tanaman di Lokasi rencana Taman Buah), Ketua Yayasan SorSilai Simon Lolonlun, Selasa (30/11/2021). FOTO : SKK Migas Pamalu

Selain nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh MPU sebagai bagian dari program adopsi tanaman, yang adopsinya bisa ditawarkan kepada para tamu wisatawan, tanaman yang dipinjamkan tersebut diharapkan dapat dikembalikan oleh para MPU dalam bentuk cangkokan/penyemaian lainnya, setelah MPU memperoleh manfaatnya, untuk menjaga tetap tersedianya bibit bibit tanaman produktif di Bank bibit.

Dalam proses persiapan lahan hingga tertanamnya sebanyak 200 pohon Alpukat, 200 pohon Nangka, 100 pohon Cacao, dan akan secara bertahap akan dilanjutkan dengan 500 pohon Cacao, 150 pohon Jeruk Selwasa, 100 pohon Alpukat, 250 pohon Nangka, 100 pohon Pepaya California, 100 pohon Mangga, dan 100 pohon Lemon Cina.

Ini merupakan proses yang didukung oleh aparatur pemerintahan Kabupaten, Kodim 1507, tokoh masyarakat, tokoh agama dan civitas akademika di Kota Saumlaki.

Bentuk dukungan tersebut dapat terlihat pada kegiatan penanaman, Selasa (30/11/2021) yang dihadiri Kepala Dinas Lingkungan hidup, yang mewakili Bupati Kepulauan Tanimbar, Cristianus Fatlolon, Direktur Utama PDAM, Ronny The, Kepala Staf Kodim 1507 Saumlaki, Mayor Infantri Muhamad Bahri, Wakil Danyon 734 Satria Nusa Samudra, Mayor Endra Nasution.

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian Jimmy Watumlawar, Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Didimus Ranolat, Kepala Desa Bomaki diwakili Sekretaris Desa Bomaki Frederikus Kundre, Pembina Yayasan SorSilai Felisianus Mitakda, Ketua LSM Pita, Jeklin Sileti.