Ratusan Pedagang Pasar Rakyat Gumumae Bula Demo, Ini 6 Poin Tuntutannya Ke Pemda

by
Ratusan pedagang Pasar Rakyat Gumumae Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, berunjukrasa di sepanjang Jalan Pantai Roleks, Kamis (2/12/2021) pagi. FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Ratusan pedagang Pasar Rakyat Gumumae Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, berunjukrasa di sepanjang Jalan Pantai Roleks, Kamis (2/12/2021) pagi.

Demo terjadi karena pasar yang sudah disediakan Pemerintah Daerah (Pemda) SBT itu tidak ditempati semua pedagang di Kota Bula. Karena itu mereka minta Pemda SBT bertindak tegas agar semua pedagang berjualan di Pasar Rakyat Gumumae.

Dalam demo ini, pedagang melakukan aktifitas penjualan di sepanjang jalan Pantai Roleks. Mulai dari jualan sayuran, ikan, umbi-umbian sampai julan pakaian. Hingga membuat arus lalulintas di kawasan itu sempat macet.

Musa Rumalean, salah satu pedagang dalam orasinya menyesali sikap Pemda SBT, karena setalah diresmikan Pasar Rakyat Gumumae ini tidak ada perhatian selanjutnya.

Dalam aksi ini,  pedagang Pasar Rakyat Gumumae menyampaikan enam tuntutan ke Pemda SBT. Berikut tuntutan mereka.

1. Semua penjual sayur, ikan yang ada di sepanjang jalan mulai dari Wailola Kampung Gorom, Pasar Lama Timbul Tenggelam, sampai Pantai Roleks agar masuk kedalam pasar Rakyat Gumumae.

2. Semua penjual yang ada di areal jalan semua harus masuk kedalam areal Pasar Rakyat.

3. Semua los-los harus diaktifkan, apabila orang bersangkutan tidak ada yang masuk, maka digantikan orang lain.

4. Semua kendaraan roda empat haru masuk kedalam Terminal Gumumae.

5. Mobil Ambon, Masohi, Tutuk Tolu, lianfitu, air-nanang, Bula-sesar, harus masuk kedalam terminal Gumumae.

6. Pedagang meminta ke Bupati Abdul Mukti Keliobas untuk menggantikan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) SBT.

Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dan Sekertaris Daerah SBT Jafar Kwairumaratu menemui pedangan pada 10:00 WIT. Wakil Bupati langsung menerima tuntutan pedagang.

“Apa yang menjadi tuntutan bapa ibu semua ini, kami akan sampaikan ke Bupati,” kata Sekda dihadapan pedangan. (Sofyan)