Aparat Temukan Ratusan Penambang Liar Masih Beroperasi di Sungai Anahoni Gunung Botak

oleh
Aparat kepolisian Polres Pulau Buru lakukan penyisiran di Sungai Anahoni, kawasan Gunung Botak, Kamis (9/12/2021). foto : Humas Polres Pulau Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan penambang liar atau penambang emas tanpa izin (PETI) rupanya masih beroperasi di Sungai Anahoni, kawasan Gunung Botak, Desa Kayeli, Kecamatan Teluk Kayeli, Kabupaten Buru.

Ratusan penambang liar ini ditemukan saat aparat kepolisian saat lakukan penyisiran di lokasi tersebut Kamis (9/12/2021). yang dipimpin Kasat Intelkam Polres Pulau Buru, Iptu Sirilus Atajalim.

Penyisiran dilakukan sejak Kamis pagi sekitar pukul 09.45 WIT hingga pukul 18.30 WIT.

Paur Subbag Humas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Jamaludin mengungkapkan dari penyisiran yang dilakukan oleh puluhan personil aparat kepolisian dari Polres Pulau Buru dan Polsek Waeapo ini, ditemukan kurang lebih 500 penambang liar beroperasi di lokasi tersebut.

“Penambang yang melakukan aktifitas di lokasi Kali (Sungai) Anahoni sekitar kurang lebih 500 orang,”kata Jamaludin Kamis via seluler.

Selain penambang, aparat juga menemukan sebanyak 100 tenda dan 120 bak rendaman di lokasi penyisiran dan langsung dimusnahkan.

Foto : Humas Polres Pulau Buru

Bahkan satu unit buldozer dikerahkan ke lokasi untuk pemusnahan. Tenda dan bak rendaman kemudian langsung dibakar.

“Selama kegiatan pemusnahan bak rendaman, tenda dan barang-barang milik penambang berlangsung, tidak ada perlawanan dari para penambang,”sambungnya.

Aparat juga meminta agar para penambang liar ini meninggalkan lokasi tersebut dan tidak melakukan penambangan liar sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

Apalagi kawasan tambang emas Gunung Botak ini belum miliki izin resmi dari pemerintah.

“Kami lakukan langkah-langkah humanis dengan cara membubarkan dan menyampaikan bahwa ini masih ilegal,”tandasnya. (Ruzady)

BACA JUGA :  Wamenkumham Eddy Hiariej Sampaikan Tiga Alasan Pembuatan KUHP Baru

No More Posts Available.

No more pages to load.