Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Kagum Keberanian Anak-Anak Ambon Divaksinasi

by
Panglima TNI Jenderal TNI Adika Perkasa bersama istrinya menyapa sejumlah siswa SMP Negeri 21 Ambon saat meninjau vaksinasi massal di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (9/12/2021). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau vaksinasi massal di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon, Kamis (9/12/2021).

Jenderal Andika didampingi istrinya, Pangkowilhan III, Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Walikota Ambon Richard Louhenapessy serta pejabat teras TNI dan Polri.

BACA JUGA : Panglima TNI Jenderal Andika : Tak Ada Ampun, Anggota Terlibat Kekerasan Dengan Polri Diproses Hukum

Dalam peninjauan ini, Andika bersama istrinya, Diah Erwianty Trisnamurti Hendrati mendatangi warga termasuk anak-anak usia 12 tahun hingga 16 yang divaksinasi dan berdialog dengan mereka.

“Ade ini (vaksin) yang ke berapa,” tanya Jenderal Andika ke seorang siswa SMP Negeri 21 Ambon. “Ini yang kedua pak,” jawab siswa tersebut. ” Kalau ade yang ini suntikan yang ke berapa,” tanya ¬†Adika bersama istrinya lagi. ” Yang kedua pak,” jawab seorang siswi SMP lainnya.

“Waduh hebat, pintar-pintar anak-anak ini,” kata Andika bersama istrinya.

Andika dan istrinya kagum karena banyak anak-anak usia sekolah di Kota Ambon divaksinasi lengkap.

“Tadi saya ketemu begitu banyak anak-anak sekolah, usia mulai dari 12 tahun hingga 16 tahun, 17 dan 19 tahun yang ikut vaksin, ini luar biasa. Itu karena dikawal oleh guru-gurunya dan digerahkan oleh Walikota Ambon, itu bagus sekali,” kata Andika Perkasa.

Andika mengatakan, peninjauan vaksinasi massal ini dilakukan untuk mengejar target vaksinasi. Apalagi Maluku merupakan provinsi dengan capaian vaksinasi terendah.

Capaian vaksinasi di wilayah Maluku dibawa 50 persen. Andika mengatakan hal itu disebabkan faktor rentang kendali sebagai daerah kepulauan.

Pelaksanaan vaksinasi tidak merata, lebih banyak terpusat di pusat kota. Sementara di pulau-pulau tidak terjangkau.

“Intinya kita ingin mengejar capaian vaksinasi. Apalagi Maluku dan Maluku Utara, secara agregat mendekati 50 persen, karena sebetulnya lebih banyak disebabkan ketidakmerataan di pulau-pulau kecil,” kata Andika.

BACA JUGA :  Gubernur Maluku Lepas Tour de Ambon Manise Dimulai, Ikut Juga Gubernur Jateng Dan Istrinya

Andika juga mengatakan pihaknya memprioritaskan vaksinasi ke anak-anak dan Lansia dengan penyakit komorbit. Untuk Lansia ini sangat penting agar bila tertular Covid-19 tidak parah.

“Sementara anak-anak jadi prioritas vaksin karena salah satu juga untuk mencegah varian baru omicron, meski di kita belum masuk. Artinya kalau anak-anak ini sudah divaksin itu sangat bagus sekali bagi mereka,” jelas Andika.

Capaian vaksinasi di Kota Ambon hingga Desember 2021 untuk dosis pertama sudah diatas 80 persen. (Sofyan Kastela)

No More Posts Available.

No more pages to load.