Rekam Jejak Agus Ririmasse, Sederet Prestasi Alumni STPDN Yang Jadi Sekkot Ambon

oleh
oleh
Agus Ririmasse. FOTO : Dok. Pribadi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Setelah melalui seleksi yang panjang, Drs. Agus Ririmasse, AP. M.Si akhirnya ditetapkan sebagai Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon.

Agus dilantik menjadi Sekkot Ambon oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (21/12/2021).

Agus yang lahir di Kota Ambon, 22 Februari 1975 itu menggantikan Sekkot Ambon, Anthony Gustaf Latuheru yang pensiun Desember 2021. Agus, putra asal Ambon ini lahir dan besar di Kota Ambon. Ia memiliki karier sebagai seorang birokrasi yang sempurna.

BACA JUGA : Walikota Lantik Agus Ririmasse Jadi Sekkot Ambon

BACA JUGA : Walikota Ungkap Alasannya Memilih Agus Ririmasse Jadi Sekkot Ambon

Kepada Terasmaluku.com, suami Dra. Yohana G. Pakereng, AP. M.Si ini memberikan curicullum vitaenya. Agus mengeyam pendidikan sekolah dasar di SDK Urimesing Ambon dan taman pada 1987.

Setelah itu ia melanjutkan ke SMP Negeri 1 Ambon dan lulus 1990. Selepas itu, Agus melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 7 Ambon dan tamat pada tahun 1993.

Ayah dua anak itu kemudian lolos masuk sekolah kedinasan, Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, Bandung yang menjadi incaran lulusan SMA dan sederajat. Agus tamat di STPDN pada tahun 1997.

Selain STPDN, Agus juga menempuh pendidikan di Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IIP) Depdagri Jakarta, dan tamat tahun 2001. Gelar S2 diraih Agus dari Universitas Indonesia tahun 2002.

Agus yang beristri alumni STPDN Jatinangor ini adalah birokrat ulung. Ia memulai karir sebagai CPNS dengan pangkat pengatur muda golongan II/A, tamat 1 November 1993. Setelah itu, kepangkatan Agus terus naik hingga menjadi pembina utama muda golongan IV C.

Sebagai seorang birokrat, Agus juga lulus pendidikan dan pelatihan struktural, mulai dari Diklat PIM TK.IV di Kota Kupang hingga Diklat PIM TK II di Kota Surabaya tahun 2020.

BACA JUGA :  Walikota : Tak Ada Lahan Untuk Penataan Pasar di Ambon

Agus juga memiliki riwayat karier dalam pemerintahan yang semurna, dari tingkat bawa hingga puncaknya. Perjalanan karier mulai dari staf Biro Kepegawaian Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 1997, staf Bagian Pemerintahan Setda Kota Kupang tahun 1997.

Agus juga menjabat sejumlah Lurah di Kota Kupang, Sekertaris Camat, Kepala Protokol Setda Kota Kupang, dan Camat.

Kariernya terus menanjak naik di sejumlah dinas dan badan pada Pemerintah Kota Kupang.

Manjadi Kepala Seksi Lembaga Pengguna Pemerintahan pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri tahun 2016-2017, hingga akhirnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang sejak 21 Desember 2020 hingga saat ini. Agus juga menjabat Asisten I Sekda Kota Kupang sejak 21 Desember 2020 hingga Desember 2021.

Agus juga ternyata memiliki segudang prestasi di bidang olahraga. Mulai dari medali emas Kumite-70 Kg Kerjurnas Karate Piala Menpora Tahun 1994 di Bandung, medali emas Kumite beregu putra Kerjurnas Piala Pangdam IX Udayana tahun 1998, medali emas 80 Kg putra di Kupang, medali emas kerjurnas piala Kapolda NTT tahun 2001 hingga pelatih Timnas PB Inkanas pada kejuaraan karate di China.

Ia jua pelatih tim Forki NTT pada kejuaraan karate Malaysia Open di Kualalumpur dan Thailand Open di Bangkok 2019. Atas berbagai prestasi itu, Agus mendapatkan sejumlah penghargaan di bidang olahraga Karateka.

Sementara itu di bidang karier birokrasi, Agus mendapatkan 10 penghargaan dari negara termasuk dari Amerika Serikat.

Penghargaan itu diantaranya Lurah terbaik tingkat provinsi NTT dari Kemendagri,  penghargaan Setya Lencana Karya Satya X Tahun dari Presiden RI, hingga penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun dari Presiden.

BACA JUGA :  Kadinkes Akui Masyarakat Takut ke Puskesmas Selama Covid-19

Selain pengargaan dalam negeri, Agus juga mendapatkan penghargaan dari Konsulat USA terkait kerjasama investigasi kejahatan luar negeri tahun 2019, serta penghargaan internasional standarisasi organitation (ISO) dari Sucofindo Tahun 2020.

Agus juga memiliki pengalaman berorganisasi sejak kuliah di STPDN Jatinangor, Bandung, Sekertaris FORKI NTT, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamong Prajaan (IKAPTK) Kota Kupang, KONI Kota Kupang hingga Ketua KNPI Kabupaten Kupang, Wakil Ketua KNPI Kota Kupang, Ketua Perbasi dan Ketua FORKI Kota Kupang.

Kini ayah dari Ronaldo Daniel Ririmasse, praja IPDN dan Renaldy Reinhard Ririmasse, mahasiswa STIKOM UYELINDO Kupang ini mendapat amanat sebagai Sekkot Ambon, pemimpin tertinggi birokrasi di Pemerintah Kota Ambon.

Walikota Richard mengungkapkan memilih Agus, karena melihat dari segala aspek yang dimiliki Agus. Yakni, pengalaman, dedikasi, tanggungjawab, kecerdasan dan kepemimpinan seorang Agus.

“Kita melihat dari segala aspek yang ada pada Agus Ririmasse, mulai dari pengalaman, dedikasi, tanggungjawab, kecerdasan serta kepemimpinan,” kata Richard kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (20/12/2021).

Liputan : Alfian Sanusi

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.