Komitmen PLN Dalam Pemanfaatan FABA Terus Berlanjut, Kini Merambah Maluku Utara

by

TERASMALUKU.COM,- PLN terus berkomitmen untuk mendukung pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) secara luas (masif) dan kontinyu sehingga dapat mendukung program Pemerintah, baik dalam Pembangunan Infrastruktur Nasional/Daerah ataupun dengan UMKM serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Komitmen PLN tersebut terus berlanjut dimana pemanfaatan FABA telah dirasakan oleh warga Rum Balibunga, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Pada awal Desember lalu, PLN melalui program PLN Peduli (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/TJSL) telah memberikan bantuan pemanfaatan FABA dari PLTU Tidore yang digunakan untuk pembuatan Batako dan Paving Block yang kemudian telah dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan warga untuk penggunaan paving block Pasar Selawaring Rum Balibunga dan juga batako untuk rumah warga.

Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 22 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa FABA dihapuskan dari kategori limbah B3. Sehingga, saat ini Faba dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti bahan untuk pembuatan Paving Block, Batako, Conblock dan sejenisnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PLN, dengan adanya program ini secara tidak langsung telah membantu pemerintah kota Tidore Kepulauan untuk mendorong terciptanya peluang usaha bagi masyarakat di sekitar PLTU Tidore”, tutur Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, Rabu (29/12/2021).

Selaras dengan hal tersebut, Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Maluku, I Nyoman Sudiarta menyampaikan adapun total sebanyak 10.000 buah paving block diserahkan oleh PLN yang pemanfaatannya sebanyak 5.000 buah telah terpasang di Pasar Selawaring dan rencana 5.000 buah lagi akan dipasang di jalan masuk SD Rum Balibunga.

“Selain itu, kami juga menyerahkan sebanyak 10.000 batako dimana sudah diserahkan sebanyak 2.000 buah ke Masjid Al-awwabin Kelurahan Rum Balibunga, 4.000 buah diserahkan ke warga Kelurahan Rum Balibunga serta 4.000 buah lagi menyusul akan kami serahkan juga ke warga Rum Balibunga”, tutur Nyoman.

Sebagai informasi, PLTU Tidore sendiri rata-rata menghasilkan Fly Ash 3.492,86 ton/tahun dan juga Bottom Ash 2.396,16 ton/tahun.

“Sehingga ini menjadi satu potensi yang baik yang dapat dimanfaatkan melalui sinergi antara PLN, pemerintah kota dan juga warga sekitar PLTU Tidore, dimana telah ditunjukan melalui berbagai kajian bahwa FABA dapat dimanfaatkan sebagai Road Base, Timbunan pilihan, timbunan rumah, land mark serta Batako dan Paving Block Mandiri warga sekitar”, tutupnya. (***)