Kasat Lantas Polresta Ambon Terjaring OTT, Begini Kata Kabid Humas Polda dan Kapolresta Ambon

oleh
Dari kiri : Kapolresta Pulau Ambon, Kombes Pol. Leo Simatupang dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kasat Lantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Ganesa Sinambela dikabarkan terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Tim Paminal Mabes Polri pada 22 Desember 2021.

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat membenarkan ada penindakan yang dilakukan Propam Mabes Polri dan Polda Maluku di Satlantas Polresta Ambon.

“Benar beberapa hari lalu ada penindakan yang dilakukan oleh Propam Mabes dan Propam Polda, ditemukan ada pelanggaran sehingga dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa anggota lantas Polresta. Kasat lantas sebagai perwira dinonaktifkan sementara sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut,”kata Ohoirat saat dikonfirmasi Kamis (30/12/2021) malam.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang. Foto : Humas Polresta Ambon.

Terpisah, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang juga membenarkan adanya penindakan yang dilakukan Mabes Polri dan Polda terhadap sejumlah anggota di Satlantas Polresta Ambon.

Dari penindakan ini ditemukan penyimpangan yang dilakukan sehingga Ganesa selaku penanggungjawab dan lima orang personil diproses Propam.

“Iya benar, tapi bukan OTT, jadi ada pemeriksaan dari Polda dan Mabes karena ada proses yang tidak sesuai prosedur sehingga diambil tindakan, sehingga anggota-anggota yang lakukan penyimpangan diproses Propam,”terang Leo menjawab terasmaluku.com Kamis malam via seluler.

Untuk AKP Ganesa, kata Kapolresta Leo, langsung dicopot dari jabatan Kasat Lantas.

“Untuk Kasat (Ganesa) selaku penanggungjawab diganti dengan pejabat yang baru Komisaris Polisi Surya, beberapa anggota yang melakukan penyimpangan yang tidak sesuai prosedur sedang diperiksa propam, sekitar lima orang,”sambungnya.

Sedangkan sanksi bagi lima orang personil Satlantas Polresta masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Propam Polda.

“Sudah mulai diproses Propam , sanksinya seperti apa masih menunggu hasil pemeriksaan Propam Polda,”tandasnya. (Ruzady)

BACA JUGA :  Sambut Revolusi Digital, AMSI Gelar Indonesia Digital Conference 2019