MBD Diguncang Gempa 7,4 SR, BPBD Maluku : 4 Unit Rumah Warga Rusak

oleh
grafik Peta Gempa : Foto : BMKG

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) Kamis (30/12/2021) pukul 03.25 WIT.

Sesuai rilis resmi BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku, Henri Farfar. Foto : terasmaluku.com

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku, Henri Farfar yang dikonfirmasi Kamis (30/12/2021) siang mengungkapkan, setidaknya ada 4 unit rumah warga rusak akibat gempa tektonik di MBD sesuai data yang dilaporkan ke Pusdalops BPBD Provinsi Maluku hingga pukul 12:12 WIT.

Rinciannya, 2 unit rumah warga di Kecamatan Pulau-pulau Terselatan dan 2 unit rumah warga di Kelurahan Tiakur, Kecamatan Moa Lakor, Pulau Moa juga alami kerusakan ringan.

“Empat unit rumah warga masing-masing dua unit di Kecamatan Pulau-pulau Terluar dan dua unit di Kelurahan Tiakur rusak ringan,”ungkapnya saat dikonfirmasi terasmaluku.com, Kamis siang.

Dipastikannya, tidak ada korban jiwa maupun korban luka. “Sesuai koordinasi dan laporan terakhir tidak ada,”sambungnya.

Saat terjadi gempa, lanjut Farfar, masyarakat panik dan lari keluar rumah dan terjadi pemadaman listrik.

Hasil analisis BMKG menunjukan episenter gempa yang terjadi Kamis dini hari ini berada pada koordinat 7,68° LS ;127,55° BT, atau tepatnya berlokasi di laut Banda dengan jarak 132 km arah Timur Kota Tiakur, Kabupaten MBD. Pusat gempa berada pada kedalaman 183 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi itu merupakan jenis menengah akibat adanya subduksi Lempeng Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). (Ruzady)

BACA JUGA :  Bungkus Daging Kurban Dengan Daun Ala Remaja Masjid Telaga Kodok

No More Posts Available.

No more pages to load.