Banjir Landa Kota Bula

by
Foto : tangkapan layar

TERASMALUKU.COM,-Banjir landa kawasan bantaran sungai Wailoa dan sekitarnya di Bula, ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Minggu (2/1/2021). Rumah warga terendam hingga ruas jalan raya pun alami hal serupa.

Dari video yang beredar, banjir bahkan sampai lutut orang dewasa.

Seorang warga yang terobos banjir di Kota Bula, SBT, Minggu 2/1/2022). Foto : tangkapan layar

Paur Humas Polres SBT, Bripka Suwandi Soboh yang dikonfirmasi terasmaluku.com dari Ambon Minggu petang mengatakan banjir yang melanda kawasan ini terjadi sejak pukul 13:00 WIT akibat hujan deras dari gunung turun hingga masuk ke sungai Wailoa yang berujung banjir di sekitaran bantaran sungainya.

Sementara di sekitaran Kota Bula sendiri hanya hujan gerimis.

Tidak hanya di JL. Wailoa, luapan air sungai ini juga merembes hingga Pos lantas, Pertigaan Kantor Departemen Agama dan menutupi jalan sampai ke Pertigaan KPU SBT.

“Dari siang jam 1 (banjir), di Sekitar Kota Bula gerimis, tapi hujan di gunung yang cukup deras sehingga volume air yang cukup besar mengakibatkan luapan air sungai merembes ke jalan Wailoa,”ungkapnya.

Akibat luapan air itu, warga  dihimbau untuk tidak melintasi jalur-jalur tersebut, namun untuk kendaraan roda dua, tiga dan enam masih dapat melintas.

Hingga jelang magrib, kata Suwandi, banjir mulai surut. “Magrib ini mulai surut,”tandasnya. (Ruzady)