Kota Bula Dilanda Banjir, Warga : Dimana Pemerintah ?

by
Warga yang rumahnya terendam banjir di Kota Bula Kabupaten SBT, Minggu (2/1/2022) bertahan di rumah mereka. FOTO : Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA-Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Minggu (2/1/2022) kembali dilanda banjir besar akibat hujan yang menggyur wilayah itu.

Ratusan rumah warga dan fasilitas lainnya terendam banjir. Ketinggian air lebih dari 1 meter atau diatas dada orang dewasa.

Warga yang rumahnya terendam banjir panik, dan berlarian ke lokasi yang aman dari banjir. Padahal hujan yang turun tidak lebih dari satu jam. Sebagian warga memilih bertahan di rumah mereka yang kebanjiran. 

Pantauan Terasmaluku.com, sejumlah kawasan di Kota Bula dikepung banjir. Rumah-rumah warga terendam banjir. Peralatan elektronik seperti televisi, kipas angin rusak terendam banjir. Bahkan ada perabot rumah tangga warga lainnya hanyut terbawa banjir.

Kondisi ini terjadi di Jalan Buser, Jalan Tumbuh Parang, Desa Bula, Kecamatan Bula. Saat banjir, tidak terlihat pihak Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBT untuk membantu warga.

Muhamad, salah satu warga di kawasan Jalan Tumbuh Parang, Desa Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten SBT mempertanyakan keberadaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saat warga mengalami banjir.

Muhamad mengatakan, kekecewaannya terhadap pemerintah yang telah membiarkan masyarakat berjuang sendiri mengatasi musibah banjir tersebut.

Untung saja kata Muhamad, banjir itu datang di sore hari, bila terjadi di waktu malam, warga sangat kesulitan.

“Tidak ada unsur dari pemerintah seperti Badan Penaggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum yang datang lihat kondisi masyarakat,” kata pria berambut putih itu, sembari membersihkan kotoran yang dibawa banjir di rumahnya.

Mingu sore, air mulai surut sehingga warga pun kembali ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran akibat banjir. (Sofyan Kastela)