Sekot Ambon : Disiplin ASN Jadi Priorinnas Pelayanan Publik

by
Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan Sekot Ambon, Agus Ririmasse menerima bantuan sebanyak 10.085 ribu masker Senin (3/1/2022). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sekretaris kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse menyatakan, penegakkan disiplin Aparatur Sipil Negra( ASN) menjadi prioritas pelayanan publik.

“Peningkatan disiplin ASN dilakukan melalui penegakan apel pagi, disiplin berpakaian maupun jam kerja, karena selama ini ASN Pemkot Ambon telah terbuai dengan suasana pandemi COVID-19, ” kata Agus saat apel perdana tahun 2022, di Ambon, Senin (3/1/2022).

Ia mengatakan, apel perdana dalam upaya penegakan disiplin jam kerja pegawai yang selama ini mengalami penyesuaian dengan sistem “Work From Home” di masa pandemi COVID – 19.

Penegakan disiplin terkait juga kebersihan kantor, di mana masih ditemukan banyak ruangan yang kotor. Kebersihan harus menjadi perhatian pada ASN di jajaran Pemkot Ambon.

“Nyamankah ASN bekerja dengan situasi seperti itu? Karenan itu saya minta kebersihan ini menjadi perhatian oleh pimpinan OPD dan seluruh ASN,” ujar Sekot.

Selain penegakkan disiplin, program prioritas lainnya yakni pembenahan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam menata pelayanan publik.

“Pelayanan Disdukcapil harus menjadi terbaik. Jadi harus terintegrasi guna menghindari antrian panjang, yakni urus satu layanan harus dapat tiga sekaligus,” katanya.

Pola pelayanan,  lanjutnya, harus terintegrasi yakni ketika warga mengurus akte kelahiran maka sekaligus menerima Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Demikian juga ketika mengurus akte kematian, maka harus menerima KK, KTP dan pengurusan lainnya.

“Pelayanan publik harus dirubah guna menghindari antrian panjang, jangan sampai hanya urus KTP terima KTP,” tandas Sekot.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Alex Sariwating