Dihantam Ombak, Satu Masjid di Kilmury SBT Roboh

by
Sebuah Masjid di Dusun Kilbon Tewa, Negeri Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, roboh dihantam ombak dan angin kencang Selasa (4/1/2021) malam. FOTO : Facebook Gher Matheo Sokanfuty

TERASMALUKU.COM,-BULA-Sebuah Masjid di Dusun Kilbon Tewa, Negeri Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, roboh dihantam ombak dan angin kencang Selasa (4/1/2021) malam.

Warga Kilbon, Emit Isanekon saat dikonfirmasi Teramaluku.com Rabu, (5/1/2022) mengatakan, ombak dan angin kencang itu terjadi di malam hari.

Pemuda itu juga menjelaskan, ombak dan angin kencang sudah berulangkali melanda dusun tersebut, dan sudah dilaporkan, hanya saja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) acuh.

“Itu masjid yang roboh merupakan pusat peribadatan di Dusun Kilbon Tewa. Masjid roboh akibat dihantam ombak besar dan angin kencang pada Selasa malam,” jelas Emit, mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar itu.

Emit bilang, bukan hanya masjid yang roboh, ada juga rumah-rumah warga yang dinding belakangnya disapuh ombak hingga lepas dan hanyut terbawa air laut.

Peristiwa robohnya masjid juga dibagikan warga di media sosial Facebook. Pemilik akun bernama Gher Matheo Sokanfuty membagikan gambar musibah tersebut.

“Akibat banjir dan tekanan ombak air laut yang sangat kuat,menghancurkan rumah ibadah dan rumah warga di dusun kilbon tewa desa kilmury,” tulisnya dalam akun Facebook Gher Matheo Sokanfuty yang dikutip Terasmaluku.com, Rabu (5/1/2022). (Sofyan)