Satu Sepeda Sejuta Saudara, Ratusan Pesepeda Ikut Basudara Funbike Ride Keliling Ambon

by
Peserta Basudara Funbike Ride 2022 yang digelar Komunitas Sepeda Kota Ambon, Uphill Fellowship Cycyling Club (UFCC) melintasi sejumlah kawasan di Kota Ambon, Sabtu (8/1/2022). FOTO : HUSEN TOISUTA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komunitas Sepeda Kota Ambon, Uphill Fellowship Cycyling Club (UFCC) menggelar Basudara Funbike Ride 2022.

Kegiatan yang diikuti ratusan pesepeda dari berbagai komunitas sepeda di Kota Ambon ini dilepas Kajati Maluku, Undang Mugopal, di Lapangan Polda Maluku Letkol Pol CHR Tahapary Kota Ambon, Sabtu (8/1/2022) pagi.

Pegowes Kota Ambon mengelilingi Kota Ambon dalam ajang Basudara Funbike Ride 2022.

“Hari ini gowes secara bersama dibagi dari tiga jenis, sepeda road bike, MTB dan sepeda lipat. Hari ini ada sekitar 220 peserta. Banyak club sepeda yang ikut tidak hanya dari Ambon, tapi ada juga dari Seram, dan daerah lainnya,” kata Ketua UFCC, Sindy Lieber kepada wartawan.

Sindy berharap dengan olahraga sepeda, para goweser dapat semakin mempererat tali persaudaraan, atau saling mengenal satu sama lainnya. “Satu sepeda sejuta saudara,” katanya.

Di sisi lain, dengan berbagai ivent yang dilaksanakan seperti ini, komunitas sepeda di Kota Ambon, Maluku juga diharapkan bisa membina anggotanya untuk dapat berprestasi.

“Bahkan kita bisa membina anggota komunitas kita untuk berprestasi dalam olahraga sepeda,” harapnya.

Sindy juga berharap ke depan bisa melaksanakan ivent-ivent sepeda spektakuler lainnya.

“Terima kasih atas para sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara ini,” pungkasnya.

Ratusan peserta Basudara Funbike Ride terdiri dari tiga kategori yakni Road Bike (RB) 134 orang, Mountain Bike (MTB) 58, dan Folding Bike (Seli/sepeda lipat) 28 orang.

Rute yang ditempuh sekitar kurang lebih 53 Km. Dimulai dari titik star lapangan Tahapary pukul 06.30 WIT, Tantui Atas, Batu Merah, Belakang Soya, Urimesing, Talake, Ay Patty, Mardika, Batu Merah Atas, Galala, Halong, Passo, Nania, Hunut, Poka, Wayame, Hatiwe Besar, Tawiri, putar balik ke Poka, JMP,  Underpass Sudirman, dan Finish Lapangan Tahapary pukul 09.30 WIT.

Selain mendapatkan medali, ratusan peserta juga menerima puluhan unit hadiah doorprize yang diberikan oleh para sponsor.

Penulis : Husen Toisuta