Esok Mulai Vaksinasi Anak SD Usia 6 -11 Tahun di Ambon

by
Kadis Pendidikan Kota Ambon Ferdinad Tasso pastikan vaksinasi anak SD usia 6-11 tahun berlangsung tiga hari mulai esok (11/1). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dimulai esok, Selasa (11/1/2022). Vaksinasi ini tak lain untuk memenuhi capaian vaksinasi kota sekaligus melindungi warga Kota Ambon.

Ada 64 lokasi lokasi yang bakal jadi tempat vaksinasi selama tiga hari. Pihak dinas pendidikan juga dinas kesehatan Kota Ambon mengatur tempat vaksinasi sesuai jarak tiap sekolah.

“Vaksinasi tiga hari. Lokasinya kita gabung sekolah yang berdekatan jadi satu,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinad Tasso di AULA Balai Kota Ambon, Senin (10/1/2022).

Ferdinad menjelaskan vaksinasi berlangsung pada 11, 12 dan 13 Januari. Di hari pertama ada 34 lokasi, hari kedua 27 lokasi dan hari ketiga 3 lokasi.

Ada sejumlah sekolah SD yang lokasi berdekatan akan digabung menjadi satu lokasi. Hal itu kata Ferdinad untuk memudahkan kerja tim sekaligus menyesuaikan SDM di lapangan.

Meski begitu ada beberapa sekolah yang meminta untuk dilakukan vaksinasi mandiri.

“Sekolah yang minta (vaksinasi) terpisah itu nanti setelah tiga hari. Kita akan atur jadwal setelahnya,” terang dia.

Dia berharap orang tua siswa dapat mendampingi anaknya datang ke sekolah untuk vaksinasi. Akan ada surat pernayataan yang harus diisi sebagai bentuk persetujuan dan pengawasan terhadap anak.

Di setiap lokasi juga ada tim dokter yang memantau siswa usai vaksinasi. Dengan begitu apabila ada gejala KIPI dapat langsung ditangani. “Sekolah juga sudah siapkan the manis panas dan cemilan untuk anak-anak,” katanya. (PRISKA BIRAHY)