Sambangi Polresta Ambon, Ini Pesan Tegas Kapolda Maluku

by
Kapolda Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif saat memimpin Apel Pagi di Mapolresta Ambon, Selasa (11/1/2022). Foto : Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif langsung memberikan pesan tegas saat sambangi Polresta Ambon, Selasa (11/1/2022).

Kapolda menegaskan, dia tak akan segan menghukum personil yang melakukan pelanggaran. Tapi bagi yang bertugas dengan baik dan benar maka dia pun akan perjuangkan dan berikan reward atau penghargaan

Foto : Humas Polresta Ambon

“Saya selaku Kapolda Maluku yang pertama akan perjuangkan dan memberikan reward kepada anggota apabila bertugas dengan baik dan benar dan sebaliknya saya juga orang pertama yang akan menghentikan rekan-rekan apabila melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri,”tegas Kapolda saat memimpin Apel Pagi di Mapolresta Ambon yang dihadiri langsung Pejabat Utama Polda Maluku, Kapolresta Ambon, Kombes Pol. Radja Arthur Lumongga Simamora serta Pejabat Utama Polresta, Kapolsek jajaran Polresta serta personil Polresta Ambon, Selasa.

Mantan Kapolda NTT ini juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Polresta Ambon karena dari data Tahun 2021 dalam hal harkamtibmas dan penegakan hukum pada wilayah Polda Maluku dapat berjalan dengan baik.

Sehingga hal ini kata Kapolda perlu dijaga dan tingkatkan. Salah satu sumbangsih terbesar adalah di wilayah Polresta Ambon yang mana merupakan representasi dan etalase dari Polda Maluku.

“Semua hakekat ancaman bukan dilihat dari jumlah Polres yang ada tetapi bagaimana kita menyikapi setiap persoalan yang ada dengan analisa-analisa mulai rekomendasi yang lain dan memutuskan dengan cepat,”ingatnya.

Dia pun menitipkan sejumlah pesan diantaranya Polri merupakan organisasi yang bersifat komando maka Polri harus tegas lurus kepada perintah Kapolri melalui progam Presisi dan transformasi yang harus dilaksanakan dibidang operasional, organisasi, pengawasan dan pelayanan publik.

“Yang perlu kita harus pahami dan laksanakan disetiap langkah tindakan kepolisian sesuai dengan tupoksi kita dalam memberikan pelayanan, pengayoman kepada masyarakat, memelihara Kamtibmas maupun penegakan hukum dengan spektrum ancaman kita yaitu kejahatan yang bersifat konvensional, kejahatan transional, kejahatan kontijensi, kejahatan yang merugikan kekayaan negara,”sambungnya.

BACA JUGA :  Ini Ancaman Hukuman Yang Menanti PNS Asal Seram Timur Akibat Palsukan Surat Antigen

Bidang penegakan hukum khususnya Reskrim, lanjut Kapolda, agar penuhi legalitas dan legitimasi dalam penanganan kasus dan diharapakan dapat memberikan pelayanan yang terbaik serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.

Apalagi persoalan pelayanan publik ini juga jadi sorotan. “Penjabaran apa yang disampaikan Bapak Kapolri yaitu yang pertama disoroti adalah Pelayanan publik yang mana sering menjadi persoalan, diharapkan di era milenial ini anggota dapat melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”ingatnya lagi.

Di lain sisi, ditengah pendemi Covid 19, Kapolda juga mengingatkan Polri dan TNI masih diberikan amanah sebagai garda terdepan untuk melakukan pencegahan sehingga protokol kesehatan tetap diperhatikan meskipun sudah ada vaksinasi terutama dalam mencegah masuknya varian baru

“Dalam menghadapi pandemi Covid 19, dan saya ucapkan terima kasih Polresta Ambon sudah mencapai 90 %, ini merupakan capaian yang luar biasa, namun secara keseluruhan Maluku baru 62, 8%. Kita sudah mendapat waktu akhir bulan Januari untuk mencapai 70 % dari Bapak Kapolri, ini merupakan tugas bersama kita karena akumulasi dari angka tidak hanya untuk Polresta Ambon tetapi beberapa polres yang juga harus sama dilaksanakan karena ada 4 Polres yang rendah pencapaian yakni Tual, SBT, SBB dan Malteng hal ini membutuhkan kerja keras kita sampai akhir bulan Januari baik secara manual maupun digital,”ucapnya.

Tidak lupa, Kapolda juga menekankan agar selalu menjaga Sinegritas dengan TNI dan Instansi lainya dalam pelaksanaan tugas guna pencapaian hasil yang lebih baik,”tandasnya. (Ruzady)

No More Posts Available.

No more pages to load.