DPRD Maluku Sampaikan Aspirasi ke Pempus Lebih Awal

by
Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala. FOTO : DOK. FRAKSI PKS

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala mengatakan, agenda penyampaian aspirasi ke pemerintah pusat (Pempus) seharusnya disampaikan lebih awal sebelum sejumlah kementerian dan lembaga negara yang membidangi infrastruktur melakukan rapat koordinasi regional.

“Makanya melalui rapat Badan Musyawarah DPRD Maluku untuk membahas agenda kerja masa sidang II pada 2022, kita telah menjadwalkan penyampaian agenda aspirasi secepatnya,” kata Asis di Ambon, Selasa (11/1/2022).

Menurut dia, biasanya sejumlah kementerian dan lembaga yang membidangi masalah infrastruktur mulai melakukan rapat koordinasi regional pada awal Februari.

“Kalau kita menyampaikan aspirasi ke pemerintah di tingkat pusat pada Februari, maka akan mengalami keterlambatan dan aspirasi yang disampaikan hanya sebatas ditampung,” ujar Asis.

Sehingga aspirasi masyarakat Maluku sudah harus disampaikan melalui para wakil rakyatnya di DPRD Provinsi Maluku secepatnya disalurkan.

Tujuannya agar pemerintah di tingkat pusat bisa mendukung program pembangunan infrastruktur maupun industrialsiasi di Maluku.

“Kita juga akan fokus melakukan pengawasan APBD 2021 pada sembilan kabupaten serta dua kota di Maluku yang sudah selesai dilaksanakan. Pengawasan ini dilakukan melalui empat komisi di DPRD Provinsi Maluku,” kata Asis.

Selain itu, DPRD Maluku juga akan menyelesaikan sejumlah raperda hak inisiatif dewan yang sudah dibahas pada tingkat komisi maupun pansus untuk dilaksanakan, selain sejumlah agenda tentatif secara rutin yang akan dilakukan baik berupa rapat-rapat di komisi dengan mitra, paripurna DPRD.

Satu agenda masa sidang I yang akan diselesaikan adalah pelantikan Michael Tasane sebagai anggota DPRD Pengganti Antar Waktu dari F-Golkar menggantikan almarhumah Murniati Hentihu yang meninggal dunia pada beberapa waktu lalu.

Sebab surat resmi PAW dari KPU provinsi maupun Mendagri sudah diterima DPRD provinsi Maluku sehingga melalui rapat Bamus pada 11 Januari 2022, telah ditetapkan jadwal pelantikan anggota DPRD PAW dari Fraksi Golkar.

Pewarta : Daniel Leonard/Antara
Editor : Alex Sariwating