Capaian Vaksin di SBT Belum 70 Persen, Ini Pesan Kapolri ke Kapolres Andre Sukendar

by
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan video converence dengan jajaran Polda Maluku terkait capaian vaksinasi dari Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (14/1/2022). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU  

TERASMALUKU.COM,-BULA-Capaian vaksinasi di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku hingga medio Januari 2022 belum mencapai 70 persen. SBT baru 52,02 persen.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar menyampaikan hal tersebut saat memberikan laporan kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui video converence, Jumat (14/1/2022).

Kapolri melakukan video converence dengan jajaran Polda Maluku terkait capaian vaksinasi dari Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

Polres SBT mengikuti video conference dengan Kapolri

Andre mengungkapkan ada sejumlah kendala yang dilalui pihaknya saat melakukan vaksinasi di setiap kecamatan. Ada delapan kecamatan yang berada di wilayah kepulauan, kondisi ini menjadi kendala.

“Vaksinasi dilakukan di 15 Kecamatan, dimana kurang lebih ada delapan kecamatan yang berada di kepulauan. Hal ini yang membuatkan sedikit terkendala vaksinasi yang sama dengan daerah lain,” ujar Andre.

Namun kepada Kapolri, Andre optimis akhir Januari 2022 Kabupaten SBT bisa mencapai target 70 persen vaksinasi. “Kami optimistis di akhir bulan ini, kami akan mencapai pada angka 70 persen,” kata Andre.

Andre mengatakan, untuk mencapai 70 persen, pihaknya selain melakukan sosialisasi vaksinasi kepada tokoh agama, masyarakat, pemuda, juga melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk SBT. Seperti di Kecamatan Bula Barat, dan Pelabuhan Sesar, Kota Bula.

“Disana kami siapkan tenaga vaksinator agar masyarakat yang belum vaksin diharapkan untuk bisa vaksin,” jelas Andre.

Atas laporan Kapolres SBT Andre Sukendar, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan Polres SBT.

Kapolri juga berpesan kepada Kapolres dan jajaran terus mengoptimalkan kerja untuk mencapai 70 persen vaksinasi Covid-19. Karena capaian vaksinasi di SBT kata Kapolri masih sangat rendah.

“Terimakasih, upaya-upaya yang telah dilakukan, terus dioptimalkan, karena pencapaian vaksinasi agak jauh. Kalau ada kendala segera dilaporkan agar kita kirim lagi tenaga vaksinator. Agar kendala di lapangan segera diatasi,” ucap Kapolri.

Kapolri  juga minta Pemerintah Daerah dan Polres SBT memaksimalkan masyarakat yang bisa terjangkau, agar target vaksinasi bisa dicapai. “Maksimal masyarakat yang bisa terjangkau, agar targetkan 70 persen bisa dicapai. Saya akan pantau betul,” kata Kapolri.

Hadir mengikuti video converter dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diantaranya, Kejari SBT Muhammad Ilham, Kepala Dinas Kesehatan SBT, Samaun Rumakabis, Danki 3 Batalyon B Pelopor – AKP Nus Lawery, dan sejumlah pejabat. (Sofyan)