Pekan Raya Biologi Hadirkan Inovasi Lomba Terbaru Untuk Intelektual dan Kreativitas Generasi Muda di Era New Normal

by
Peserta PRB sedang mengerjakan soal uji kompetensi tertulis. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,- Pekan Raya Biologi adalah salah satu program kerja dari Himaprodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pekan Raya Biologi nantinya akan dikemas secara menarik dalam ajang kompetisi yang meningkatkan motivasi, edukasi dan kreativitas untuk menyalurkan berbagai potensi peserta didik.

Sesuai dengan tema yang ada “Tingkatkan Intelektual dan Kreativitas Generasi Muda di Era New Normal” Pekan Raya Biologi mengadakan perlombaan di masa new normal secara daring dengan berbagai inovasi lomba terbaru.

Inovasi terbaru yang dihadirkan bertujuan agar meningkatkan semangat kompetisi yang positif di era new normal.

Tahun ini Pekan Raya Biologi mengadakan berbagai jenis cabang perlombaan baru dari tahun sebelumnya serta webinar nasional yang bertema “Strategi dan Inovasi Menghadapi Learning Loss pada Pembelajaran Digital” yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidik dan rancangan pembelajaran untuk menghadapi learning loss pada pembelajaran digital dengan Keynote Speaker Tyovan Ari Widagdo dan Prof Dr. Firdaus L.N.,M. Si. Webinar ini akan diadakan pada Selasa, 8 Maret 2022 pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB.

Selain webinar nasional, beberapa cabang lomba yang tersedia bagi seluruh pelajar Indonesia adalah; tiga lomba tingkat nasional yang dapat diikuti oleh mahasiswa/umum se Indonesia, yaitu Lomba Esai Ilmiah Nasional yang bertemakan “Peran Generasi Muda dalam Era New Normal”, Fotografi Nasional yang bertemakan “Landscape Nusantara” dan Desain Poster Nasional yang bertemakan “Merajut Nusantara Perkuat Identitas Bangsa.

Selain itu agenda yang mencakup wilayah se-Riau dan Kepulauan Riau ini juga menyajikan serangkaian perlombaaan lainnya yaitu: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA), serta 2 lomba terbaru lainnya yaitu Esai Opini (SMA) yang bertemakan “Pendidikan Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19” dan Desain Poster yang bertemakan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (SMP) dan yang bertemakan “Cakap Bermedia Digital dalam Dunia Pendidikan” (SMA)

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Sri Wulandari, M.Si menuturkan, kemajuan sektor pendidikan dapat dibangun dari semangat kompetisi yang positif di antara para peserta didik, dengan semangat kompetisi yang positif diharapkan akan tercipta sumber daya manusia yang unggul di masa mendatang.

“Kami akan memberikan yang terbaik untuk PRB tahun ini, karena PRB ini merupakan ciri khas dari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Riau,” ujar Naufal, Ketua Pelaksana PRB 2022.

Mendekati 3 bulan acara, panitia telah membuka stand pendaftaran di depan kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Stand pendaftaran akan terus melayani calon peserta dari berbagai daerah mulai 10 Januari 2022 sampai tanggal 6 Maret 2022.

“Untuk pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui link berikut: https://linktr.ee/PekanRayaBiologi2022 dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor 0823-7146-1743 (Naufal) dan nomor 0853-6580-7303 (Aulia),” kata Naufal. (***)