5 Hal Penting Yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Liburan

by
Pemandangan Sunset dari Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

JALAN-jalan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman dekat memanglah sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika segala rencana yang sudah diatur berjalan dengan lancar. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ketahui ketika hendak berliburan bersama keluarga, teman, ataupun pasangan.

Sesuaikanlah transportasi, lokasi hotel dengan siapa Anda pergi berliburan. Misal, ketika hendak pergi bersama rombongan keluarga Anda bisa memilih tempat istirahat yang dekat dengan rumah makan atau dengan pusat kota. Jika bersama dengan teman-teman sebaya baru bisa mempertimbangkan menginap di tempat yang jauh dari pusat kota sebab masih memiliki stamina yang fit.

Mempertimbangkan transportasi apa yang dinaiki juga merupakan komponen yang penting dalam berliburan, jika pergi berombongan mungkin bisa menimbang-nimbang memakai kendaraan pribadi guna menghemat budget. Anda bisa memilih transportasi pesawat dengan menggunakan maskapai terbaik seperti Batik Air salah satunya.

Jika penasaran melihat harganya, bisa cek harga Batik Air di sini. Lalu, ketika sampai di bandara kota tujuan Anda, tak perlu repot-repot untuk memusingkan transportasi apa yang hendak Anda naiki ke tempat tujuan, terdapat damri di beberapa bandara di Indonesia dan tentunya Anda bisa pesan damri ke bandara di Traveloka sebelum hari-H keberangkatan atau kedatangan Anda, loh!

 Selain apa yang telah dijabarkan, apa saja hal-hal yang perlu Anda persiapkan menjelang liburan? Simak list di bawah ini, ya!

 Menentukan Destinasi Wisata yang Aman

Jika Anda belum menentukan destinasi wisata mana yang akan Anda kunjungi secara spesifik, maka lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai destinasi mana yang akan tuju. Apalagi di masa pandemi kini, terdapat beberapa daerah dengan dominan penduduknya menjadi pasien COVID-19 sehingga diberlakukannya pula lockdown lokal atau ada pula daerah yang memang sengaja menutup akses masuk guna memberantas rantai penularan COVID-19.

Anda bisa melakukan riset dengan melihat situs-situs terkait perkembangan COVID-19 di Indonesia. Pilihlah daerah yang berzona hijau dan pastikan pula daerah yang Anda kunjungi memiliki rumah sakit atau tempat medis guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Obat-obatan dan Alat Sanitasi

Lalu selanjutnya, walaupun sudah mengantisipasi dengan melihat apakah di daerah destinasi Anda memiliki tempat medis seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik, namun bukan berarti Anda tidak menyediakan obat-obatan pribadi Anda. Tetaplah bawa bersama Anda sepanjang perjalanan liburan Anda.

 Jadi, jika sewaktu-waktu penyakit Anda kambuh dan tidak memungkinan untuk pergi ke tempat medis atau apotek secepat mungkin, Anda sudah siap sedia menyediakan obat pribadi Anda. Tidak hanya obat-obatan yang harus dipersiapkan, persiapkan pula alat sanitasi seperti hand sanitizer dan tisu basah, jangan lupakan pula membawa masker cadangan di dalam tas Anda, ya!

Keamanan Tempat Istirahat Selama Liburan

Memilih hotel merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan sekaligus membingungkan, sebab di satu sisi Anda akan merasa excited mencari tempat istirahat yang mana yang sekiranya cocok dengan diri Anda serta rekan liburan Anda.

 Namun di satu sisi, juga pada akhirnya akan Anda kebingungan karena dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dan tentunya Anda akan merasa galau ketika menentukan tempat istirahat Anda nantinya.

Perlu dipastikan, sebagus apapun tempat istirahat Anda, jangan lupakan keamanan yang mereka tawarkan, apakah hotel tersebut memiliki CCTV, apakah hotel tersebut juga memiliki security, atau aspek-aspek keamanan lainnya. Pastikan Anda jangan sampai melewatkan yang satu itu, ya!

Perhatikan Kondisi Tubuh

Poin yang satu ini merupakan poin utama ketika Anda hendak pergi berliburan. Pastikan kondisi tubuh Anda sedang dalam kondisi yang prima agar liburan Anda tetap nyaman, menyenangkan, dan tentunya dapat menjaga keamanan publik setiba Anda tiba di destinasi wisata tujuan. Ketika hendak memperhatikan kondisi tubuh, Anda bisa melakukan deteksi dini COVID-19 secara mandiri melalui aplikasi-aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur khusus untuk cek risiko COVID-19 ataupun bisa juga melakukan swab antigen beberapa hari sebelum keberangkatan.

 Jika Anda merasa kurang fit, ada baiknya untuk menunda liburan terlebih dahulu dengan melakukan reschedulesampai waktu yang tidak ditentukan. Pasalnya, orang dengan kondisi tubuh yang tidak fit memiliki risiko yang lebih besar dan rentan terhadap penularan virus serta penyakit lainnya.

Atur Barang Bawaan

Anda harus menakar berapa pakaian yang Anda akan bawa, berapa baju berapa celana dan sebagainya. Bawalah pakaian secukupnya, jangan sampai kekurangan apalagi kelebihan sebab akan mempengaruhi bagasi Anda yang nantinya bisa overweight. Selain itu, orang yang liburan identik dengan membawa powerbank guna mengantisipasi baterai habis di sepanjang perjalanan.

 Mungkin, bagi Anda yang belum memiliki perangkat tersebut, ada baiknya untuk menimbang-nimbang membeli powerbank karena merupakan barang yang cukup krusial pada liburan Anda. Selain itu, sesuaikan juga koper dengan isi bawaan Anda, disarankan jangan terlalu banyak membawa tentengan sebab akan merepotkan diri Anda sendiri dan membuat liburan Anda menjadi tidak nyaman.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi liburan. Jangan lupa, untuk lengkapi kebutuhan liburan Anda mulai dari tiket pesawat hingga akomodasi penginapan hanya menggunakan Traveloka Lifestyle SuperApp. (***)