Sukseskan Liga Santri Piala Kasad, Pangdam Pattimura Siapkan Tim Dari Maluku Malut

by
Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon saat mengikuti pertemuan secara virtual dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Jumat (11/2/2022) di Puskodalops Kodam XVI/Pattimura, Kota Ambon. FOTO : Pendam16

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon beserta jajaran Kodam XVI/Pattimura siap mendukung kompetisi sepak bola Liga Santri yang memperebutkan Piala Kasad 2022.

Hal ini disampaikan Pangdam saat mengikuti Vicon secara virtual dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Jumat (11/2/2022) di Puskodalops Kodam XVI/Pattimura, Kota Ambon.

Kasad mengatakan bahwa kompetisi sepak bola Liga Santri yang memperebutkan Piala Kasad akan mulai digelar sekitar dua minggu setelah Lebaran, pada bulan Juni tahun 2022 mendatang dengan memakan waktu empat sampai enam bulan.

Nantinya, Liga Santri akan diawali dengan babak penyisihan di tingkat Kabupaten/Kota, lalu berlanjut ke Provinsi. Pelaksanaan liga ini nantinya diawasi oleh Asosiasi Kabupaten/Kota dan Asosiasi Provinsi PSSI bekerja sama dengan Komando Kewilayahan TNI AD setempat.

Rencananya, pembukaan akan digelar di Jawa Timur dan penutupan di Jakarta, diusahakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno bertepatan dengan Hari Santri 22 Oktober 2022.

Kasad berpesan untuk memberdayakan lapangan-lapangan sepakbola yang ada di satuan-satuan guna berlatih dan mempersiapkan tim. Namun kata Kasar, harus tetap dengan mengutamakan protkes agar tidak menimbulkan klaster baru di masyarakat.

Sementara, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga berharap Liga Santri Piala Kasad dapat menghasilkan bibit-bibit unggul persepakbolaan nasional khusunya tim nasional mendatang.

Liga Santri sendiri sudah tidak asing di kancah persepakbolaan Indonesia. Sebelumnya, tepatnya tahun 2015, pernah berlangsung Liga Santri Nusantara yang digagas Nahdlatul Ulama (NU) bermitra dengan beberapa pihak termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam juga menyampaikan akan menyiapkan tim terbaik yang akan mewakili Maluku dan Maluku Utara.

Hal ini akan diawali dengan sosialisasi dan pendekatan secara kedaerahan oleh Korem hingga Koramil untuk meningkatkan semangat dan antusiasme para santri sehingga persiapannya maksimal.

“Kami berharap nantinya tim Maluku dan tim Maluku Utara bisa sampai ke babak final. Mengingat kedua provinsi ini merupakan provinsi yang banyak mencetak pemain sepak bola tingkat nasional,” kata Pangdam.

Turut mendampingi Pangdam, Aspers Kasdam XVI/Pattimura, Kajasdam XVI/Pattimura, Kasrem 151/Binaiya dan Ketua Assprov PSSI Maluku. (Pendam16)