Hasil Uji Sampel Keluar, Satgas Pastikan Omicron Sudah Masuk Maluku

oleh
Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengungkapkan, sesuai hasil uji sampel PCR yang dikirimkan ke Laboratorium Kesehatan di Yogyakarta, dipastikan Covid-19 Varian Omicron sudah masuk Maluku.

BACA JUGA : Tak Hanya Ambon, Tiga Kabupaten di Maluku Ini Juga PPKM Level 3

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. FOTO : TERASMALUKU.COM

“Hasil PCR yang dikirim ke Jogja itu memang ada Omicron di Malukum sudah ada. Jadi tujuan sampel dikirim itu benar-benar (untuk memastikan) Omicron (sudah masuk di Maluku atau belum),”terangnya saat diwawancarai terasmaluku.com, Rabu (16/2/2022).

Itu sebabnya kata Rerung ada instruksi dari Kementerian Kesehatan RI untuk aktif melakukan pemeriksaan untuk melacak Omicon itu, “terutama untuk kasus-kasus berat dan kematina,”sambungnya.

Menyinggung apakah ada dari beberapa kasus kematian di Maluku belakangan ini sejak kasus covid-19 kembali melonjak didalamnya termasuk disebabkan oleh Omicron,  Rerung mengaku belum bisa dipastikan.

“Kalau itu belum, saya belum dapatkan, karena sampel yang dikirim (ke Lab Kesehatan di Jogja) sampel mana yang dikirim BTKL (Ambon) kesana,”sebutnya.

Tapi yang jelasnya lanjut Rerung, sudah ada instruksi dari Pemerintah Pusat untuk segera aktif melakukan pemeriksaan apakah itu Omicron atau bukan pada setiap kasus-kasus baru.

“Jadi disini pengambilan spesimennya SGTF dan SMT, itu dititik beratkan pada kasus berat dan kritis juga kasus yang meninggal. Jadi ini dilaporkan ke pusat melalui aplikasi RS Online,”tandasnya. (Ruzady Adjis)

BACA JUGA :  Enam Orang Ditangkap Polda Maluku, 1 ASN dan Pegawai Angkasapura Terkait Surat Rapid Test Palsu

No More Posts Available.

No more pages to load.